Hadiri Milangkala Desa Mekarwangi Ke-39, Bupati Serahkan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Kategori: 

Kuningan,-Di usia  Ke 39 Tahun ini adalah usia yang sudah matang dan dewasa untuk melaksanakan program pembangunan di desa nya, “Karena maju mundurnya desa tergantung dari kita semua, tidak cukup selesai oleh kepala desa saja, tidak cukup oleh perangkat desa saja, tapi oleh semuanya harus saling bersinergi.”

Hal tersebut disampaikan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH.,MH pada acara Milangkala Desa Mekarwangi Ke-39 di Area Balai Desa Mekarwangi, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan, Sabtu, (16/10/2021).

Milangkala Desa Mekarwangi ke-39 ini diisi dengan kegiatan jalan santai dan pengundian hadiah doorprize menarik sekaligus juga penyerahan secara simbolis Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Bupati dan Kepala ATR/BPN Kepada 10 orang warga Desa Mekarwangi.

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan, manfaat PTSL bagi pemerintah sebagai perencanaan ruang wilayah berbasis bidang tanah, sedangkan untuk masyarakat dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan perlindungan hak atas tanah agar terhindar dari konflik kepemilikan lahan.

Bupati Kuningan menyampaikan terima kasih kepada Presiden kita Bpk Ir H. Joko Widodo yang telah mencetuskan program PTSL ini. Walaupun sebelumnya sudah ada dengan program yang sama, tapi harus berterima kasih kepada beliau, dengan kinerja dan kegigihan beliau ini bisa terjadi, ini menunjukan bahwa Pemerintah bekerja dengan nyata, dan alat bukti kepemilikan tanah dibuktikan dengan Sertifikat, bukan SPPT yang tiap tahun di bayarkan ini masyarakat harus paham dan mengerti. Serta persyaratan kepemilikan tanah ada yang kurang untuk hak asal usul tanah dapat di dikoordinasikan untuk keluarkan oleh Kepala Desa itupun dengan atas dasar musyawarah.

Kepada masyarakat yang menerima sertifikat, Bupati Kuningan berharap untuk menjaga baik-baik sertifikat yang diterima. "gunakan sertifikat dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan yang bermanfaat untuk bapak dan ibu semua" ucapnya.

“Dalam menyukseskan program PTSL ini tetap kita harus selalu bersinergi, agar target untuk program PTSL ini tercapai. Tentu hal ini dituntut peran aktif Camat, Lurah, Kepala Desa serta partisipasi aktif masyarakat sehingga kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan lebih cepat, mudah dan lengkap dalam mengumpulkan data tanah yang menjadi objek PTSL,” ujar acep.

Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Kuningan, Surahman ST MH mengatakan, PTSL merupakan program strategis Kementerian ATR/BPN yang langsung diarahkan kepada masyarakat. Khusus di Kabupaten Kuningan, targetnya di tahun 2021 ini sebanyak 65 ribu bidang tanah dan akan dipastikan akan bertambah di tahun depan menjadi 75 ribu bidang tanah.

“target di desa mekarwangi ini ada 3.050 yang sudah masuk pemberkasan sebanyak 2.500 sehingga 550 lagi mohon kepada kepala desa agar segera di penuhi, Ini kalau tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kuningan, yang mendapat kerugian juga masyarakat itu sendiri. Jadi Kami dari ATR/BPN siap untuk melaksanakan itu,” tandasnya.

Hanya dalam pelaksanaan di lapangan, lanjutnya, jika terdapat kendala-kendala maka perlu adanya kerjasama antar pihak. Hal ini sebagai upaya bersama untuk mengatasi persoalan yang ditemui di lapangan.

“Dengan adanya sertifikat ini adanya kepastian hukum terhadap lahan atau gedung yang mereka tempati,” ujar Surahman. Dijelaskan Surahman, khusus warga, dengan adanya program PTSL, maka mereka dapat lebih tenang menggarap lahan mereka. Sebab mereka tidak perlu khawatir lahan mereka diklaim orang lain. Karena sertifikat tersebut merupakan alat bukti sah kepemilikan lahan atau bangunan. “Adanya sertifikat menjadikan mereka tidak khawatir lagi, lahannya diklaim orang lain,” demikian Surahman.

Dikatakan Kepala Desa Mekarwangi, Pak Karna bahwa Bupati sangat mendorong desa dalam rangka pelaksanaan program sertifikat PTSL.

“Kami memberikan ke bpn, di thn 2021 atas dorongan dan dukungan beliau serta antusias masyarakat, yg ingin di sertifikatkan, di 2021 ini mekarwangi dapat PTSL, mendapatkan kuota 3.050 dan alhamdulilah 2.500 telah selesai, dan sampai saat ini 700 Sertifikat sudah diberikan, tahap berikutnya akan menyusul” ungkap Karna

Selain itu dikatakan Karna, terimakasih kepada Kepala BPN Desa Mekarwangi sudah mencapai 80% pelaksanaan PTSL nya dan tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat yang hadir bisa melihat dan merayakan milangakala desa dan memberikan sumbangan doorprize dari pak bupati, anggota dewan, dan kepada seluruh masyarakat atas sumbangsih nya yang diberikan tidak disangka-sangka total hadiah doorprize mencapai 442 item, mudah-mudahan milangkala ini kedepan nya mekarwangi akan lebih maju lagi. (BID IKP/Diskominfo)

Share