Hujan Turun Deras, Bupati Tetap Semangat Tinjau Lokasi Terdampak Bencana

Kategori: 

Meski hujan turun deras, tidak mengurungkan semangat Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. untuk meninjau lokasi rumah terdampak gempa bumi. Didampingi Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik dan Kalak BPBD Indra Bayu Permana, S.STP, Bupati Kuningan menyusuri rumah-rumah yang rusak akibat terdampak gempa, yaitu di Dusun 1 RT 001/002/006 RW 002 Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Sabtu (12/12/2020).

Telah terjadi Bencana Gempa Bumi pada Jumat (11/12/2020) pukul 05.51 WIB yang bertitik pusat di koordinat 7.07 LS – 108.87 BT (28 km Barat Daya BREBES-JATENG), dengan kedalaman 5 KM. Gempa bumi ini berdampak pada kerusakan sedang 4 rumah, kerusakan ringan/genteng jatuh 19 unit rumah, dan kerusakan ringan/genteng jatuh 2 unit fasilitas umum (puskesmas terpadu dan gedung posyandu) di Dusun 1 RT 001/002/006 RW 002 Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin.

Upaya penanganan darurat telah dilakukan BPBD Kabupaten Kuningan, diantaranya menurunkan tim assessment, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dan menghimbau masyarakat agar tidak panik dan tidak terpancing isu yang tidak jelas.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Desa Cipondok Rudiyanto keempat unit rumah yang mengalami kerusakan sedang adalah milik Caswa 50 tahun; Darki 75 tahun; Ati/Carka 80 tahun; dan Marsijah 50 tahun.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Kuningan yang sangat peduli terhadap warganya yang sedang terkena musibah, karena beliau turun langsung hadir ke lokasi terdampak gempa ini" ujar salah satu warga desa Cipondok.

Dalam kesempatan ini, Plt Camat Cibingbin Hj. Imas Minarsih menyampaikan telah melakukan gotong royong masyarakat untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa bumi. Ia juga menyampaikan informasi terkait penyebaran covid-19 di Kecamatan Cibingbin. Menurutnya, di Kecamatan Cibingbin terdapat 5 desa yang terpapar covid-19.

“Sejauh ini 3 desa sudah dinyatakan sembuh. Kaitan dengan pencegahan penyebaran covid-19, kami telah melakukan edukasi diantaranya wawar keliling desa, sidak ke beberapa sekolah dan jalan raya terutama desa cibingbin.” Ujar Plt Camat Cibingbin.

Menurut Bupati Kuningan, ada beberapa daerah di kabupaten kuningan yang termasuk lempengan gempa. Bupati Kuningan bersama Kalak BPBD menyusuri rumah-rumah dan meneliti apakah akan ada potensi gempa susulan atau tidak.

“Terimakasih atas langkah penanganan awal yang dilakukan pemerintah desa, kecamatan, dan masyarakat desa Cipondok untuk mengatasi kedaruratan. Terkait dengan kebencanaan inshaallah tidak harus menunggu lama, jika waktu memungkinkan akan segera diselesaikan.” Ujar Bupati Kuningan.

Bupati Kuningan juga menyampaikan fenomena yang terjadi beberapa waktu ke belakang, yaitu matinya 24 kambing. Bupati menghimbau pada masyarakat untuk melapor pada pemerintah atau pihak terkait.

“ketika ada kejadian kambing yang mati tanpa darah, ambil sample 1 kambing yang mati untuk di periksa oleh ahlinya yaitu ke dokter hewan atau yang berkompeten dalam bidangnya agar bisa mengetahui penyebab kambing-kambing itu bisa mati seperti itu, apakah oleh hewan atau hal lainnya. zaman sudah canggih, dengan teknologi kita bisa deteksi apa penyebabnya.” Pungkas Bupati Kuningan.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, S.I.K., Kalak BPBD Indra Bayu, Plt Camat Cibingbin Hj. Imas Minarsih dan Kepala Desa Cipondok Rudiyanto beserta perangkat desa dan warga setempat. (Bid/ikp/Diskominfo)

Share