Hut Karang Taruna Tunas Karya Ke-6, Bupati : Karang Taruna Harus Adaptif, Kreatif, Inovatif, Konektif, Partisipatif, Dan Kontributif

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menginginkan Karang Taruna harus adaptif, kreatif, inovatif, konektif, partisipatif, dan kontributif untuk menjawab tantangan perubahan di masa pandemi, karang taruna sebagai organisasi kepemudaan harus terus berkomitmen untuk memberikan bakti nya untuk negeri.

Hal itu disampaikan Bupati Acep dalam Acara Peringatan Ulang Tahun Karang Taruna Tunas Karya, Desa Kutakembaran ke-6 sekaligus dalam momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di halaman Balai Desa Kutakembaran, Kecamatan Garawangi, Sabtu (30/10/2021).

"Kader karang taruna harus terus berperan terhadap penguatan kemandirian ekonomi generasi muda, melahirkan dan menguatkan Kelompok Usaha Bersama, Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Desa dan Kelurahan dengan harapan akan lahir lembaga ekonomi mikro di tingkat desa atau kelurahan yang dikelola karang taruna. Insha Allah karang taruna mampu menjadi jaringan pasar ekonomi secara regional dan nasional. Semakin tumbuhnya socialpreneur juga menjadi ikhtiar yang akan terus kami kuatkan," Ucap Didik.

Menurutnya, momentum HUT ke 6  Karang Taruna Tunas Karya harus mengukuhkan posisi sebagai garda terdepan perekat sosial, penyambung solidaritas, serta agent penting sebagai Agent of Change (agen perubahan) dalam pengembangan masyarakat.

"Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam memerankan diri sebagai perekat sosial, harus menjadi penjaga moral dan karakter bangsa untuk melakukan perang terhadap narkoba, terorisme, intoleran dan ideologi radikal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Anggota Karang Taruna harus mampu menjadi moral force, social kontrol dan agent of change. Sehingga melahirkan Social Leader atau Kepemimpinan yang berwatak sosial," Ujarnya

Selain itu Bupati menyerukan karang taruna baik tingkat nasional maupun daerah untuk terus memperkuat pengabdian sosialnya kepada masyarakat.  "Kader-kader karang taruna harus optimis, karena sikap optimis akan meningkatkan imunitas kita sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan seberat apapun. Moment HUT ke 6 Karang Taruna Tunas Karya harus menjadi pengingat bagi kita semua untuk konsisten berkarya bagi bangsa," kata Acep. 

Bupati juga mengatakan akan pentingnya mensukseskan program vaksinasi dalam upaya memberikan ketahanan kepada masyarakat terhadap covid-19. 

"Dengan ketahanan itu, pemulihan ekonomi akan mudah dilakukan. Pesan saya kepada pengurus dan anggota karang taruna, mari satukan langkah dalam kesetiakawanan bersama mensukseskan program vaksinasi ini,"seru Bupati Kuningan tersebut.

"Berikan contoh untuk senantiasa taat kepada protokol kesehatan sebagai organisasi yang berbasis di wilayah terkecil yakni desa-desa, kelurahan dan RT/RW. Saya yakin karang taruna akan berperan aktif dimana pun kalian berada untuk membantu masyarakat terdampak pandemi saat ini,"sebut dia.

Oleh karena itu, dirinya berharap, karang taruna harus menjadi garda depan gerakan sosial bersama pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan bangsa.

"Jangan pernah lelah untuk terus berjuang dan memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan sosial untuk masyarakat dan bangsa," pungkasnya.

Selain pada Peringatan Ulang Tahun Karang Taruna Tunas Karya tersebut, bupati secara simbolis menjadi saksi  di buka nya cabang Perguruan Silat Bima Suci di desa Kutakembaran. (Bid IKP/ Diskominfo)

Share