Ika Ajak Bunda Literasi Kecamatan Gaumkan Budaya Literasi Hingga Ke Desa

Kategori: 

KUNINGAN – Perpustakaan dan Literasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan bahkan berjalan beriringan saling mengisi satu dengan lainnya. Hal ini dibuktikan, Saya telah di lantik sebagai Bunda Literasi Kabupaten Kuningan pada tahun 2017 dan di kukuhkan kembali oleh Bupati Kuningan melalui Pemerintah Provinsi bersama dengan Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat di Bandung. Hal ini atas inisiatif dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan.

Hal itu disampaikan Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama saat memberikan sambutan dalam Kegiatan Pelantikan Bunda Literasi Kecamatan dan Gebyar Kunjungan Perpustakaan Tahun 2020 dengan mengusung tema “Semarak Literasi Wujudkan Inovasi Perpustakaan Berkemajuan”, bertempat di Teras Baca Perpustakaan Kabupaten Kuningan, Selasa (29/12/2020).

Selama ini telah terjalin kerjasama antara Tim Penggerak PKK dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan yang implementasinya dibuktikan dengan kerjasama yang baik dalam program dan kegiatan lomba keluarga literasi setiap tahun.

“Saya berharap kegiatan tersebut terus dilanjutkan dengan fasilitas yang lebih baik lagi. Sampai dengan tahun 2020 ini, kami TP PKK Kabupaten Kuningan telah 4 (empat) kali mengadakan lomba keluarga literasi di Kabupaten Kuningan,”terangnya.

Sebagai tindak lanjut dari program literasi. Ia melantik Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan menjadi Bunda Literasi Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan. Pelantikan ini dimaksudkan memberikan tanggungjawab baru kepada TP PKK Kecamatan untuk membantu mensosialisasikan serta menyampaikan informasi mengenai program literasi ke tingkat Kecamatan serta mendorong kembali mengadakan pelantikan lanjutan kepada Ketua TP PKK Desa/Kelurahan yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Saya titip kepada Bunda Literasi Kecamatan yang telah di lantik untuk terus menggaumkan budaya literasi di tingkat Kecamatan. Dan jangan lupa terus bersinergi dan berkoordinasi dengan Kecamatan dan Bunda Literasi Kabupaten Kuningan,”pungkasnya. (Handy Ramadhan).

Share