Jadi Saksi Nikah, Bupati Kuningan Serahkan “PADUKA” Kepada Kedua Mempelai

Kategori: 

KUNINGAN, - Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH di dampingi Ibu Hj. Ika Acep Purnama Istri Bupati Kuningan menghadiri sekaligus menjadi Saksi Nikah pasangan pengantin Rizal Maulana Ramdhan, S.Ked dengan Andi Michelle Besse Amaliyah, S.Ked. Nikah kedua mempelai tersebut dipusatkan di Ballroom Hotel Horison, Sabtu (14/05/2022).

Rizal Maulana Ramdhan merupakan anak dari pasangan Dr. H. Sardjono M. Kes (Alm) dan Ibu Hj. Rini Sujianti, SE, MM, sedangkan Andi Michelle Besse Amaliyah adalah anak dari pasangan M. Taufiek Amier, SH.,MKn dan Ibu Shinta Yuriza Amiruddin, SE. AK. CA.

Usai Akad Nikah, Bupati Acep menyerahkan dua buah KTP dan Kartu Keluarga (KK) kepada kedua mempelai di saksikan oleh Kadisdukcapil Yudi Nugraha sebagai Tanda Program Pelayanan Administrasi Kependudukan Untuk Perkawinan (PADUKA)  dari Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan.

Bupati Acep menjelaskan, hal ini menunjukan berubahnya dua insan itu dari status lajang menjadi kawin tercatat. Hal ini adalah terobosan Program dari Disdukcapil.

“Semoga pelayanan ini mampu memberikan ketentraman dan kebahagian dengan administrasi status kependudukan yang hari ini berubah. Program Paduka adalah Program yang sangat luar biasa” Ungkap Bupati Acep.

Pada kesempatan tersebut Bupati Acep menyatakan selamat kepada kedua mempelai pengantin semoga menjadi keluarga, Sakinah, Mawwadah, Warahmah, pegang erat amanah pernikahan semoga kekal dan langgeng sampai akhir hayat ” Kata Bupati Acep.

Kepala Disdukcapil Yudi Nugraha, menyampaikan Program Paduka (Pelayanan Adminduk Usai Perkawinan) dan Panutan (Pelayanan Adminduk Setelah Melahirkan). Memiliki tujuan yaitu, meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Kuningan tentang kepemilikan dokumen dan pemutakhiran data kependudukan.

“Terwujudnya pelayanan terpadu antara masyarakat stakeholder terkait dan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan,” ungkap Yudi.

Yudi menambahkan, akan terciptanya program inovasi pelayanan administrasi kependudukan secara berkelanjutan atau adanya jaminan kepastian pelayanan jangka panjang, mempercepat dan mempermudah pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat setelah perkawinan dan melahirkan. 

Dalam Acara tersebut juga secara simbolis kedua mempelai  menyerahkan Bibit Pohon kepada Bupati Kuningan sebagai tanda Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling).

Sesuai namanya, program Pepeling dianjurkan kepada para pengantin yang menikah di Kabupaten Kuningan untuk menyediakan bibit pohon sebanyak 5 hingga 10 batang sebagai penyerta mahar. Nantinya pohon tersebut ditanam di lahan kritis yang berlokasi di kawasan tempat tinggal pengantin, atau di lahan pribadi milik pengantin. Sebagai penanda, para pengantin dapat melabeli pohon dengan nama mereka. (Bid IKP/ Diskominfo).

 
Share