Jalur Blok Pugag Desa Kutawaringin Menjadi Perhatian Pembangunan

Kategori: 
KUNINGAN- Belum lama ini ada kejadian  Ibu hamil, Regina Sigita Sekarwati (23) asal  Blok Pugag, Dusun Kujangsari, Desa Kutawaringin, yang menjalani proses persalinan harus ditandu oleh para tetangganya  dengan melewati kondisi jalan  yang ekstrem berlumpur sejauh 2,5  kilometer. 
 
Dalam perjalannya di istirahatkan terlebih dahulu  di rumah saudaranya, Dusun Kancana Desa Gunung Aci, Kecamatan Subang. Selanjutnya ibu hamil  dievakuasi menggunakan mobil ke  puskesmas Kecamatan Selajambe. Saat itu didampingi  suami,  ibundanya serta bidan desa Siti Ismaya yang senantiasa melakukan pendampingan kepada ibu hamil, dibantu oleh warga. 
 
Sempat menginap juga semalam di Puskesmas Selajambe, ternyata proses persalinan Regina tidak memungkinkan untuk dilakukan secara normal. Akhirnya,  dirujuk ke RSU Wijaya Kusumah di Kuningan kota untuk menjalani proses melahirkan secara caesar.
Usai proses persalinan Regina bersama bayi dan suaminya  Petrorius Timu (27), tinggal di rumah saudaranya yang  berlokasi di Lingkungan Karang Asem Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan. 
 
Plt Camat Selajambe, Deni Hamdani, SE. Kp, M.Si dan bidan desa, Rabu (15/12/2021) melakukan kunjungan kepada keluarga Regina yang sudah berada di Karang Asem. Disana terlihat bayi berada dalam kondisi sehat begitu juga ibunya. Pihak keluargapun menyampaikan  melalui ibunya Regina, terima kasih buat semuanya yang telah membantu proses persalinan Regina, kini sudah hadir bayi mungil bernama Natsya Nadra dengan kondisi selamat dan sehat. 
 
Dalam kesempatan itu Deni Hamdani  menuturkan, turut berbahagia. Tak ketinggalan menyampaikan terima kasih kepada warga Blok Pugag Dusun Kujangsari Desa Kutawaringin yang telah membantu evakuasi pertolongan persalinan ibu Regina.
“Begitu pula apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya untuk bidan desa yang senantiasa konsisten melaksanakan tugas dengan melakukan pemeriksaan,  kunjungan rutin dan pendampingan selama proses kehamilan hingga persalinan, serta  40 hari pasca persalinan,”ungkapnya.  
 
Deni Hamdani menuturkan, kendati Blok Pugag, Dusun Kujangari  berada di ketinggian Geografis 1.500 mdpl, namun warganya menikmati tinggal disana untuk bertani dan berkebun. Disana nilai-nilai kebersamaan, kekompakan dan gotong royong masyarakat serta kerukunan umat beragama sangat dijunjung tinggi, berdiri juga tempat peribadatan masjid dan gereja yang berjarak hanya sekitar 10 meter.  
 
Dia menyebutkan bahwa   Blok Pugag memiliki  jumlah penduduk sebanyak  70 jiwa terdiri dari  laki-laki 37 dan perempuan 33 orang. Untuk  Kepala Keluarga (KK) sebanyak  22 dan sebanyak   24 rumah berdiri disana, di lahan milik warga. 
Adapun terkait masalah akses jalan Dusun Kujangsari menuju Pugag, Deni Hamdani menjelaskan, bahwa  kondisi jalan disana sangat curam, terjal, dan ektrem  dengan ketinggian 1.500 m, panjang jalan  2,5 km, dan lebar 2 m. kondisi ini sudah masuk proses perencanaan pembangunan desa melalui Musrenbang untuk mendapat prioritas perbaikan atas dukungan APBD Kabupaten. Jalur jalan evakuasi ini  sebagian besar  milik warga dan sebagai kecil milik perhutani.  
 
Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan  sudah berencana akan membuat jalan, hingga pengerasan supaya disaat musim hujan tidak licin. Paling tidak dalam waktu dekat akan dilakukan pembangunan/membuka badan jalan. 
Terkait dengan relokasi, H. Acep menerangkan,  tentu saja harus melakukan kajian-kajian, apakah disana cukup rawan bencana atau tidak. Untuk pemukiman ini, kemungkinan besar tidak ada relokasikasi. Tapi karena disana ada pemukiman, Jadi harus memberikan pelayanan.  
“Warga disana bermata pencaharian pertanian dan perkebunan, menurut informasi sebagai penghasil kapol, kopi dan pisang. Dan jumlah Kepala Keluarga (KK) ada sebanyak 22,” sebutnya. 
 
Pada Hari Selasa, 14 Desember 2021, Bupati Kuningan  bersama Pak Dandim meresmikan jalan baru  akses tiga kecamatan yaitu jalur Desa Pinara Kecamatan Ciniru menuju blok Pugag Desa Kutawaringin Kecamatan Selajambe, dan Desa Gunung Aci.
 
Bupati Kuningan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kuningan  atas dukungan Dandim 0615 Kuningan berkomitmen akan menyelesaikan pembuatan ketiga akses jalan tersebut sampai dengan proses penetrasi, rambat beton dan pengaspalan. Hal ini berdampak positif juga pada Jalur Blok Pugag –Kujangsari akan diperbaiki. (IKP/DISKOMINFO).
 
Share