Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Kuningan Gelar Apel Pasukan Lilin Lodaya 2020

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2020 Senin ( 21/12/2020). Untuk  jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan  unsur gabungan dari TNI, Polri, Tim Kesehatan, BPBD, Satpol PP serta  Pemerintah Kabupaten Kuningan akan  mengadakan apel.  Apel  tersebut sebagai‎ persiapan Operasi Lilin Lodaya 2020 yang di laksanakan di Halaman Mapolres Kuningan, yang  dipimpin oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama,  SH.,MH. Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, dan Dandim 0615 Letkol Czi David Nainggolan.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa masih ada peningkatan kasus Covid-19, dengan begitu aktivitas di masyarakat Kabupaten Kuningan harus berjalan dengan baik terarah dan  terkendali dengan penerapan protokol kesehatan. Serta Bupati berharap perayaan natal dan tahun baru dapat dilaksanakan secara sederhana.

“Seperti biasa ada tradisi perayaan natal dan tahun baru, namun sehubungan dengan adanya pandemik Covid-19, maka akan di laksanakan dengan menerapkan keterbatasan-keterbatasan melalui operasi lilin lodaya 2020. Keterbatasan itu adalah tidak ada perayaan natal secara besar-besaran, tetapi tetap hikmat. Dilarang merayakan tahun baru secara berlebihan, kembang api, petasan, dan pertunjukan berlebihan, seperti live music ataupun pertunjukan secara langsung lainnya, demikian juga pembatasan di daerah kunjungan wisata, khususnya kunjugan wisata malam” ujar Bupati.

Sementara itu, Kapolres AKBP Lukman Syafri Dandel Malik menyampaikan  bahwa apel tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan operasi lilin 2020 dalam rangka perayaan natal dan tahun baru 2020/2021 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, yang  dimulai pada tanggal 21 Desember 2020 sampai  4 Januari 2021.

“Perayaan natal dan tahun baru dirayakan  secara Universal yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat-pusat keramaian. Peningkatan kegiatan sangat berpotensi menimbulkan gangguan, dengan mengedepankan kegiatan prefentif secara humanis dan penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga masyarakat tetap bisa merayakan natal dan tahun baru secara aman” Ujar . Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik

Dalam pelaksanaan natal dan tahun baru polri  sudah mempersiapkan 8.300 personil polri, 15.000 personil TNI dan 50.000 personil instansi terkait lainnya. Personil-personil tersebut akan ditempat pada 1.607 pos  pengamanan untuk pelaksanaan  terkait gangguan serta penegakan. disiplin protokol kesehatan,  675 pos untuk di tempatkan di pusat keramaian. Berdasarkan pengalaman dan prediksi ada beberapa ancaman terorisme dan radikal lisme, ancaman sabotase, penyalah gunaan narkoba, pesta miras, tawuran antar kampung, kemacetan lalu lintas dan bencana alam.

Ia juga berharap untuk  seluruh jajaran yang bertugas dalam operasi lilin bisa antisipasi dan bertindak yang tepat dalam menangani gangguan yang ada. Beberapa kewajiban yang harus disiapkan dalam bertugas, menyiapkan fisik, lalukan deteksi diri, tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan, melaksanakan keamanan secara profesional dan humanis, laksanakan penegakan hukum secra proforsional, kerja sama, tetap menjadi tauladan bagi masyarakat dan keluarga. Tidak ada pelaksanaan malam tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya, maka dari itu kita dukung kebijakan ini dengan menegakan kedisiplinan dan penegasan pada saat kegiatan malam tahun baru. (BID/IKP/DISKOMINFO)

 

Share