Jelang Nataru, Pemkab Kuningan Lakukan Monitoring Harga Dan Ketersediaan Stok Pasokan Kebutuhan Bahan Pokok

Kategori: 

KUNINGAN,- Upaya untuk mengantisipasi kenaikan harga dan ketersediaan stok pangan menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. didampingi Ketua DPRD Nuzul Rachdy, SE., Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, SIK., M.Si , Kepala DKPP Erni Marpuah Jamilah, Ss. , Kadishub H. Muhamad Mutofid, SH., M. T.  dan Kabag Perekonomian & SDA Dr. Deni Hamdani, M. Si. laksanakan monitoring Harga Dan Ketersediaan Stok Dan Pasokan Kebutuhan Bahan Pokok di Kabupaten Kuningan, Jum’at (24/12/2021).

Pelaksanaan monitoring dibagi menjadi tiga tim, yakni Tim I yang dipimpin oleh Bupati dengan lokasi sasaran Pasar Luragung, Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda SH., M. Si. dengan lokasi sasaran Pasar Tradisional dan modern di Ciawigebang, dan Tim III yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. dengan lokasi sasaran Toserba surya dan Pasar Baru, dengan titik keberangkatan setiap tim di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan.

Tujuan Monitoring monitoring Harga Dan Ketersediaan Stok Dan Pasokan Kebutuhan Bahan Pokok yaitu untuk menjamin ketersediaan dan distribusi bahan pokok serta mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Bupati Kuningan menyampaikan, saat ini pemerintah Kabupaten Kuningan melakukan monitoring guna mengecek ketersediaan dan masa berlaku produk-produk yang dijual, serta memantau fluktuatif harga. Menurutnya. sejauh ini keadaan di pasar masih aman, lancar dan stabil.

“Alhamdulillah ketersediaan bahan pokok seperti sembako dan lain sebagainya aman, tadi juga saya tanya kepada beberapa pengusaha tidak ada yang kadaluarsa termasuk kebutuhan-kebutuhan yang lainnya dimasa pandemi penerapan protokol kesehatan juga masih dilaksanakan dengan baik. Saya ucapkan terima kasih marilah kita sama sama berdo’a untuk melaksanakan kegiatan natal dan pergantian tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan masyarakat bahagia,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati didampingi  Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, S.T, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kuningan Dr. Ukas Suharfaputra, MP. , Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Kuningan Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si. beserta jajaran melakukan monitoring ke Pasar Tradisional dan modern di Ciawigebang.

Selama Monitoring, wabup menanyakan persediaan kebutuhan bahan pokok kepada beberapa pedagang secara acak dan diketahui ketersediaan mencukupi. 

"Kami menanyakan langsung kepada pedagang dan mereka menjawab persediaan stabil seperti daging, minyak goreng, gula, bawang, sayur-sayuran dan beras. Alhamdulillah persediaanya cukup dan tidak ada kelangkaan," ujar wabup. 

Di lain tempat, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan didampingi Kepala Diskopdagperin U. KUSMANA, S.Sos., M.Si, Kepala Diskominfo Dr. Wahyu Hidayah, M. Si. beserta jajaran yang melakukan monitoring Toserba surya dan Pasar Baru.

Sekda menyampaikan, harga sembako ada dalam batas kenaikan yang wajar, ketersediannya pun masih stabil.

“Menghadapi Nataru harga dan ketersediaan pasokan sembako sudah terjamin dengan baik, semoga ketersediaan dapat terjaga dan stok aman, serta dapat melakukan monitoring secara terus menerus dalam rangka mengantisipasi terjadinya lonjakan harga dan kelangkaan bahan pokok,” imbuhnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share