Kabupaten Kuningan di Apresiasi Pada Acara Harkodia 2020

Kategori: 

Kuningan ,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020, yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan sebagian Menteri Kabinet Kerja secara virtual di Gedung Merah Putih, KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2020).

Dalam acara tersebut Menteri Bappenas Dr. Ir. H. Suharso Monoarfa  membacakan bahwa, Di tingkat Pemerintah Provinsi progres pencapaian dari 34 Pemerintah Provinsi, ada 3 Provinsi masuk katagori baik, 13 Provinsi masuk kategori kurang, dan 18 provinsi lainnya masuk kategori cukup, serta di tingkat Pemerintah kabupaten kota progres capaian dari 508 Pemerintah Kabupaten Kota adalah 12 kategori baik, sedangkan yang memprihatikan adalah 312 Kabupaten Kota masuk kategori kurang baik, 184 kabupaten kota masuk kategori cukup.

Apresiasi di berikan pada 9 kabupaten kota yang performa nya baik dan nilainya di atas 80% yaitu Kab.Banggai, Kab.Hulu Sungai Selatan, Kab. Pringsewu, Kab Karawang, Kab Bontang, Kab Kuningan, Kab. Muko-Muko, Kab. Kota Singkawang, Kab Kota Konawe Selatan.

Tema Hakordia tahun 2020 yang diangkat KPK adalah "Membangun kesadaran seluruh elemen bangsa dalam budaya Antikorupsi"

Dalam pidatonya, Ketua KPK Firli Bahuri menyebut sengaja mengangkat tema itu agar seluruh elemen bangsa sadar tentang bahaya korupsi.

"Kami nilai sangat relevan dengan semangat pemberantasan korupsi yang kemudian dijadikan optimal dengan peran seluruh anak bangsa dan segenap elemen masyarakat yang menyadarkan kami akan bahaya korupsi," ungkap Firli.

Ia pun juga mengharapkan lembaganya dapat terus berkomitmen dan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, bersatu dalam pemberantasan korupsi.

"KPK ingin memperkuat komitmen dan kerja sama antara pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, memperluas keterlibatan masyarakat secara aktif dalam sosialisasi nilai-nilai antikorupsi," kata dia.

Dalam Hakordia yang digelar di KPK turut dihadiri sejumlah pejabat seperti Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Selain itu, pejabat internal KPK turut dihadiri lima Dewan Pengawas KPK dan pegawai lembaga antirasuah. (bid/ikp/diskominfo) 

 

Share