Kabupaten Kuningan Peringati Hari Kartini Ke-315

Kategori: 
Kuningan Peringati Hari Kartini Ke-315

Momentum Hari Kartini yang ke-315 tahun 2014 yang mengusung tema “Dengan Semangat Perjuangan R.A.Kartini,Kita TingkatkanKualitas Sumber Daya Manusia Kaum Perempuan Kuningan Melalui Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan”, yang diperingati di Kabupaten Kuningan berlangsung khidmat. Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta pembacaan singkat sejarah Kartini tersebut dihadiri oleh Bupati Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Kepala SKPD, para camat se-Kabupaten Kuningan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan dan jajarannya, Tokoh Perempuan Kabupaten Kuningan, Ketua Dharma Wanita Persatuan beserta jajarannya, Ketua Gow, para Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Kuningan, Ketua Yayasan Sang Adipati Ewangga, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, Ketua Nahdlatul Ulama Kabupaten Kuningan, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Kuningan dan tampak hadir pula Ketua Badan Kerjasama Majelis Ta’lim Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut Kabid Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Kuningan, Atik Suhartiati, SE.,M.Si yang mewakili Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Kuningan mengatakan dalam sambutannya bahwa kita kaum perempuan Indonesia sangat bersyukur dimana telah pernah memiliki seorang pelopor pejuang nasib kaum wanita sehingga derajat kaum wanita terangkat dari jurang kenistaan. Kita telah memperoleh kebebasan diri tetapi kita tidak boleh meninggalkan sifat-sifat kodrat sebagai wanita, apalagi sebagai wanita yang dibesarkan dalam tata cara adat ketimuran. Dimana wanita adalah lambang keluwesan, kelembutan, keindahan dan kesopanan. Memang masih banyak wanita-wanita Indonesia yang masih perlu diperjuangkan nasibnya dengan berbagai permasalahan kompleksnya seperti kasus-kasus kekerasan dan sebagainya. Meskipun harus diakui bahwa pembangunan berwawasan kesetaraan gender belum dilaksanakan secara optimal, namun dalam perkembangannya kita patut bangga dan bersyukur telah terjadi kemajuan-kemajuan yang ditandai dalam hal seperti komitmen, yaitu dengan telah lahirnya Peraturan Bupati tentang Pengarusutamaan Gender yang ditindaklanjuti dengan komitmen antar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah dan instansi di jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan. Kemudian meningkatnya kiprah perempuan dalam berbagai peranan, kondisi dan posisi strategis, hal ini tentu dapat dipastikan menjadi indikator meningkatnya kualitas sumber daya manusia perempuan. Karena diharapkan agar bersama-sama meningkatkan partisipasi kita terhadap gelora pembangunan sekarang ini sehingga cita-cita Kartini segera dapat terwujud.
Sementara itu Bupati Kuningan, Hj. Utje CH. Hamid Suganda dalam sambutannya mengatakan bahwa, momentum peringatan Hari Kartini ini sangat berarti dimana perempuan yang lahir pada 1 April 1879 Raden Ajeng Kartini adalah seorang perempuan Indonesia yang memiliki cita-cita yang luhur bagi perjuangan kaum perempuan di Indonesia yang patut kita contoh dan dijadikan motivasi oleh kaum perempuan terutama kaum perempuan Indonesia masa kini yang merupakan generasi penerus masa lalu, pelaksana masa sekarang dan penentu masa depan perjuangannya. Arus globalisasi dan modernisasi dengan teknologi yang canggih merupakan suatu keadaan yang tidak dapat dihindari dan berbagai kasus-kasus yang menimpa perempuan Indonesia akhir-akhir ini merupakan keadaan yang sangat memprihatinkan. Dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan mengajak untuk dapat menyikapi perkembangan zaman dengan menyadari peran dan fungsi masing-masing, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah S.W.T dan selalu mengisi dengan ilmu pengetahuan dunia dan ilmu agama agar terwujud keseimbangan dalam hidup.
Lebih lanjut Bupati Kuningan menjelaskan bahwa peranan perempuan dalam berbangsa dan bernegara sangatlah besar dimana kodrat sebagai seorang perempuan sebagai ibu untuk anak-anaknya dan pendamping suami dalam rumah tangga akan sangat menentukan dalam kemajuan suatu bangsa. Utje mengharapkan agar kaum perempuan di Kabupaten Kuningan dapat berperan aktif dalam mendukung pencapaian program pembangunan daerah. Kesetaraan Gender yang juga merupakan program pemerintah daerah haruslah diikuti dengan kesadaran semua pihak yaitu dengan menyadari peran dan fungsi masing-masing tanpa meninggalkan kodrat yang ada pada diri kita. Kita bangun sinergitas antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan swasta dalam peningkatan kesetaraan gender dalam pembangunan serta peningkatan solidaritas sosial dalam masyarakat, pembentukan karakter bangsa dan peningkatan pendidikan sejak usia dini, penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dalam segala bentuk. ( Sumber : Mey, Bidang Komunikasi Diskominfo Kabupaten Kuningan ).

Share