Kadis Kominfo Resmikan Kantor Biro Patroli 88 : Tingkatkan Kode Etik Jurnalistik Demi Citra, Kredibilitas Dan Integritas

Kategori: 

KUNINGAN,- Dalam rangka menjalin silaturahmi serta meningkatkan sinergitas antara Media, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si mewakili Bupati Kuningan, menghadiri peresmian Kantor Biro Patroli 88 Investigasi Media Online, acara yang digelar sederhana berlangsung di Jl. Karya Bakti No. 81 Rt. 19 Rw.04 Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Senin (20/12/2021).

Kantor Biro Patroli 88 Kuningan yang diresmikan secara simbolis pengguntingan pita oleh Kadiskominfo Wahyu Hidayah mewakili Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, di hadiri oleh Kasdim 0615/Kuningan Mayor Inf Dedy Suhardjito,  Kasi Humas Polres Kuningan, Iptu Carsa, S.Kep.,MM, Pimpinan Redaksi sekaligus Pimpinan Perusahaan Patroli 88 Deden Hardening A.Md, Kepala Biro Kuningan Patroli 88 Agus Salam (GUSBUR), beserta tamu undangan lainnya dan pada kegiatan peresmian ini diisi pula kegiatan Bakti Sosial dan Santunan dari DT Peduli.

Kadiskominfo Dr. Wahyu Hidayah, M.Si membacakan sambutan bupati. Dikatakan, kehadiran Biro Patroli 88 Investigasi hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada para anggotanya sehingga mereka memahami tentang aturan uu pers dan kode etik jurnalistik. untuk kemudian menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam menyongsong industri disrupsi dan era milenial yang identik dengan sebutan 4.0., mengingat organisasi ini merupakan salah satu sarana penyampai informasi, baik dari pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini.

“Saya juga ingin mengajak seluruh anggota Biro Patroli 88 Investigasi Kabupaten Kuningan agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara sekaligus meningkatkan ketaatan pers pada kode etik jurnalistik, demi citra, kredibilitas dan integritas para anggota biro patroli 88 investigasi” Ujar Kadiskominfo Wahyu dalam sambutannya.

Menurutnya, pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. Peran pers sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pembangunan, khususnya di kabupaten kuningan. terutama perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah.

“Sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah, dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan Kabupaten Kuningan. karena budaya sumbang saran tersebut diharapkan mampu terus ditumbuh kembangkan secara santun dan bijak demi asa kita bersama membangun negeri dalam mensejahterakan masyarakat” tambah nya.

Selain itu dikatakan wahyu, diperlukan kerja sama dan sinergitas di antara media dan pemerintah seperti dua sisi koin dari satu mata uang koin yang sama. Keduanya saling membutuhkan  karena kedua pihak tersebut saling membutuhkan. Pihak pemerintah membutuhkan peran media sebagai wadah untuk mensosialisasikan apa yang telah dikerjakan kepada masyarakat dan pihak media sendiri membutuhkan pemerintah sebagai sumber berita.

Kasi Humas Polres Kuningan, Iptu Carsa, “saya mengucapkan selamat hari jadi patroli 88 investigasi semoga kita bersinergi dengan perkembangan zaman sekarang kebetulan saya sebagai kasi humas bersinergi dengan media-media yang ada di kabupaten kuningan bukan hanya patroli 88 jadi kami membuka diri untuk bekerjasama dan bersinergi dengan semuanya”

Pada kesempatan yang sama, Pemred Patroli 88  Deden Hardening  mengatakan, saya bangga dan apresiasi besar atas berdirinya media kami yang mana bisa memberikan warna baru dan memberikan kepuasan tersendiri dengan topik yang berbeda yang tidak keluar dari jalur kode etik jurnalis. Kedepannya semoga kita bisa membangun media patroli 88 investigasi dengan instansi-instansi manapun untuk bersinergi.

Lebih lanjut, Kabiro Patroli 88 Kuningan, Agus Salam, menyampaikan bahwa semoga momen hebat ini bisa menjadi tonggak sejarah dalam mempererat tali silaturahmi diantara para jurnalis serta menjaga keharmonisan dengan kemitraan diantara jurnalis dengan lembaga pemerintah di kabupaten Kuningan, sekaligus meningkatkan kualitas diri dalam berkarya dengan menumbuhkan pemerintah berimbang, berbobot, dan memiliki nilai pendidikan bagi masyarakat, sekaligus menjauhkan diri dari pemberitaan yang bersifat hoaks.

“Harapan saya, semangat yang kita miliki dalam memperjuangkan berdirinya kantor patroli 88 online Kuningan menjadi landasan kita untuk meraih harapan, untuk menjadikan media yang kita miliki ini menjadi media yang terdepan dan disegani di Kuningan” harap agus. (BID/IKP/ DISKOMINFO).

Share