Kang UU Wagub Jabar Hadiri Panen Raya Dan Menanam Pohon Kopi Bersama Bupati Kuningan

Kategori: 

Panen Raya di Sawah Desa Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan, Minggu (6/3) dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E.  bersama DPMD Provinsi Jawa Barat dan rombongan lainnya dengan mengendarai sepeda motor Vespa langsung dari Bandung. 

Turut hadir pula Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. mendampingi  pria dengan sapaan akrab Kang Uu di areal Sawah Dadaluan Desa Cileuya tersebut.

“Saya haturkan terima kasih kepada Wagub Kang UU dan rombongan atas kedatangannya dalam rangka menyaksikan Panen Raya di Kabupaten Kuningan, khusunya di Desa Cileuya. Dengan hamparan sawah walaupun di tengah-tengah perbukitan, tetapi Alhamdulillah semangat dan optimis untuk mempertahankan lahan baku sawah tersebut terus untuk ditingkatkan.” Kata Bupati mengawali sambutannya.

Selanjutnya, Bupati menjelaskan untuk meningkatkan hasil produk pertanian yaitu  dengan adanya intensifikasi dan ekstensifikasi. 

“Untuk intensifikasi ya kita kita terapkan teknologi, memilih benih dan menerapkan obat-obatan, serta teknik mengolah sawah menjadi produktif untuk membangun ketahanan pangan dan ekonomi masyarakatnya.” ujar Acep.

Selain itu, dalam ektensifikasinya Bupati menyampaikan “Bersama Kepala Desa saya sampaikan bahwa Kuningan harus mempertahankan lahan baku sawah, dan lahan pertanian pangan yang berkelanjutan. Insya Allah untuk lahan yang belum produktif kami akan sulap menjadi lahan yang produktif dan subur.” ujarnya.

Kemudian, Acep juga menjelaskan bahwa padi yang digunakan pada hari ini bisa tumbuh hanya dengan menggunakan air.

“Ini menjadi program untuk pendukung mewujudkan Visi Proivinsi Jawa Barat dan Nasional  dengan perkembangan berbagai jenis teknologi dan pupuk organik yang dikembangkan oleh putra-putri Kuningan yang hasilnya dapat kita banggakan, dan memiliki nilai jual yang lebih.” jelasnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E. menyampaikan untuk langkah kedepan meningkatkan kualitas petani yaitu, memberikan pendidikan berbasis teknologi, karena situasi dan kondisi setiap aspek bergelut dalam bidang teknologi termasuk didalamnya adalah pertanian, serta bisa mengintensifikasi pemanfaatkan dengan inovasi.

“Dengan begitu setiap panen dapat bertambah banyak, sehingga Provinsi Jawa Barat ingin tetap menjadi penyumbang beras ke 2 Tingkat Nasional.” ujar Wagub.

Tak lupa, Pria yang akrab di sapa Kang UU ini meyampaikan, apresiasi serta dukungan untuk kepada Kepala Desa Cileunyi, dan seluruh masyarakat dengan Panen Raya ini senantiasa untuk dapat bersyukur, karena dengan semua ikhtiar yang sudah dilakukan hasilnya sesuai dengan harapan.

“Kami harap adanya panen ini bisa meningkatkan mendapatkan pendapatan petani, dan dengan adanya panen petani ini bisa mensejahterakan hidup masyarakat yang ada disini.” harap Kang UU.

Uu mengatakan, panen raya merupakan bentuk syukur petani atas hasil panen setelah melewati sejumlah proses. Mulai dari menanam padi sampai memanen hasilnya.

"Setelah berjuang dari mulai menanam. Kemudian mengurus air, mengurus pupuk, dan lain sebagainya hingga dipanen. Ini merupakan anugerah dari Allah SWT," kata Uu.

Kang Uu memberikan apresiasi kepada para petani atas kerja kerasnya. Sebab kata Ia, petani merupakan ujung tombak dalam menjaga ketahanan pangan di Jabar.

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, menurut Kang Uu, terus berupaya mengembangkan sektor pertanian.

Kang Uu menyatakan, pihaknya terus berupaya mewujudkan Jabar Juara Pertanian atau menjadikan Jabar sebagai lumbung padi nasional. "Curah hujan Jabar besar, hamparan paling besar" ujar nya

Kang Uu memberikan apresiasi kepada para petani atas kerja kerasnya. Sebab kata Ia, petani merupakan ujung tombak dalam menjaga ketahanan pangan di Jabar.

Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, menurut Kang Uu, terus berupaya mengembangkan sektor pertanian. Selain itu, kata Kang Uu, "Pemda Provinsi Jabar akan terus meningkatkan kesejahteraan petani. Kemudian, Pemda Provinsi Jabar bakal menggelar pelatihan kepada petani. Salah satunya agar petani dapat menjual hasil panennya sendiri" katanya.

Sementara pada kesempatan yang sama Kepala Desa Cileuya Warjo,SE melaporkan bahwa dengan Cileuya bersih, seluruh aparatur Desa sudah menyiapkan tempat untuk pembuangan sampah yang mudah-mudahan dapat diolah dan manfaatkan dengan sebaik mungkin.

“Kami berharap kedepannya, sesuai dengan program Bupati Kuningan Bersih Sampahnya, jangan sampai ada yang masih membuang sampah sembarangan, serta tidak mengolah dan memanfaatkan sebagaimana mestinya.” ujar Warjo.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Warjo mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas bantuannya untuk Desa Cileunya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas bantuannya untuk tempat pembuangan sampah yang akan direalisasikan tahun depan, kami baru saja membeli motor cator dan terima kasih juga kami akan mendapatkan bantuan mesin incinerator mudah-mudahan kami bisa terus menjaga kebersihan lingkungan.” pungkasnya.

Kemudian usai melaksanakan Panen Raya, Wagub bersama Bupati langsung melanjutkan kegiatan berikutnya Penanaman Seribu Pohon di Lokasi Wisata Batu Akar Cilembang bertempat di Desa Cirahayu Kecamatan Luragung.

“Saya sangat mendukung Kegiatan Penanaman Seribu Pohon karena salah satu upaya untuk mencegah adanya banjir dan longsor karena gundulnya hutan. Yang di tanam hari ini yaitu pohon produktif berupa pohon kopi,  karena kita tahu kopi hari ini sedang nge-hits dan booming dengan berbagai macam racikan dan terkenal di golongan anak muda sekarang yang suka nongkrong santai di café-café kopi.  Semoga kegiatan ini dapat ditiru oleh Kepala Desa lain dalam rangka peduli terhadap lingkungan.” ungkap Kang Uu usai melaksanakan Penanaman Seribu Pohon.

Selanjutnya Kang UU menjelaskan, Potensi Pariwisata di Jawa Barat yang luar biasa, ada 290 Desa yang akan di kembangkan, tetapi dengan adanya COVID-19 baru hanya 8 Desa di Jawa Barat yang akan di angkat potensi wisatanya.

“Alhamdulillah di Kuningan ada 2 Desa yang menjadi rekomendasi. Serta selamat kepada Kepala Desa atas gerakan ini, mudah-mudahan kami dapat berpartisipasi terhadap desa wisata di Kabupaten Kuningan, termasuk di desa ini.” ujarnya.

Sama hal nya dengan Kang Uu, Bupati juga mengungkapkan “Saya sangat bangga serta mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat seperti Karangtaruna dan Bumdes yang mempunyai inovasi dimana dapat terselenggaranya kegiatan hari ini yaitu Penanaman Seribu Pohon.” Kata Bupati mengawali sambutannya.

Selain itu Bupati menjelaskan bahwa, diwilayah ini berpontensi untuk pengembangan pariwisata, dilihat dari hutannya yang masih rimbun dan masih ada sungai yang mengalir.

“Dengan begitu sudah waktunya Kuningan yang mempunyai cita-cita menjadi Kabupaten Agropolitan juga Wisata yang maju, agropolitannya dari pertanian yang baru saja sudah kita lihat tadi dengan Panen Raya di Desa Cileuya yang luar biasa.” ungkapnya.

Sebelum megakhiri sambutannya Bupati berharap, ada kebijakan dari Pemerintah Provinsi untuk Desa Cirahayu agar dapat  dibimbing untuk menjadi Desa Wisata. (Bid/Ikp/Diskominfo)

Share