Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan Buka Layanan Sabtu-Minggu

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan

Salah satu wujud Reformasi Birokrasi yang diterapkan oleh Pemeritah RI adalah adanya inovasi dan pelayanan yang cepat serta prima kepada masyarakat. Menjawab tantangan tersebut, Badan Pertanahan Nasional RI terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan pertanahan kepada masyarakat.

 

Setelah sukses dengan program One Day service (layanan satu hari selesai) dan layanan Informasi Mobile ‘2409’, kini BPN RI kembali meluncurkan Program Layanan Pertanahan di hari libur (Weekend Service) yang berlaku di seluruh BPN di Tanah Air. Untuk menyukseskan dan memberikan pelayanan pertanahan yang maksimal kepada masyarakat, Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan telah menerapkan  Program tersebut sejak 6 Desember 2014.

 

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan DR.Arya Widya Wasista, ST, M.Si didampingi Kepala Sub. Bagian Tata Usaha H.Iswandi Sudrajat, SH dan Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Sumartono, A.Ptnh, kepada Info Kuningan mengatakan, Program Layanan Pertanahan di hari libur Sabtu-Minggu dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Petanahan Nasional Nomor 12/SE/XI/2014 Tanggal 6 November 2014 tentang Pelayanan Pertanahan Hari Sabtu dan Minggu.

 

Selanjutnya Arya Menjelaskan, bahwa pelayanan hari Sabtu dan Minggu yang dilaksanakan Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan, merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan yang telah menjadi komitmen BPN RI. Selain itu banyaknya masyarakat yang tidak dapat mengurus urusan pertanahan pada hari kerja karena kesibukan dan keterbatasan waktu.

 

“Kegiatan   Pelayanan   Pertanahan Hari Sabtu dan Minggu sama seperti pelayanan pertanahan yang diberikan kantor pertanahan pada hari kerja. Hanya saja, pelayanan akhir pekan tersebut dikhususkan untuk warga masyarakat Kuningan yang tidak bisa mengurus urusan pertanahan pada hari kerja” jelas Arya.

 

Lebih lanjut Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten kuningan menjelaskan, untuk mendapatkan palayanan pada hari Sabtu dan Minggu, diharapkan masyarakat datang langsung dan mengurus sendiri urusan pertanahnnya ke Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan tanpa mewakilkan atau dikuasakan.

 

“untuk pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu, kami hanya melayani masyarakat yang mengurus urusan pertanahannya sendiri tanpa mewakilkan atau dikuasakan. Bila urusannya diwakili orang lain atau oleh perantara, maka mohon maaf kami tidak akan melayani” ujar Arya.

 

Sementara itu Kepala Sub.Bagian Tata Usaha H.Iswandi Sudrajat, SH menambahkan, Pelayanan Pertanahan pada hari Sabtu dan Minggu yang di buka mulai jam 09.00 s/d 13.00 WIB di Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan, diharapkan melalui pengurusan langsung oleh masyarakat, proses pelayanan dapat  lebih cepat, karena masyarakat berhubungan langsung dengan pegawai kantor pertanahan yang bertugas.  Selain  itu,  tingginya biaya dikarenakan adanya biaya jasa perantara dapat dihindari. (Yudi/Bid.Komunikasi Diskominfo Kuningan)

Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan Buka Layanan Sabtu-Minggu
Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan Buka Layanan Sabtu-Minggu
Share