Kasat Lantas Polres Kuningan : Pemberlakuan Penggolongan SIM C Masih Menunggu Kepastian

Kategori: 

Beredarnya wacana nasional tentang pengklasifikasian terhadap Surat Izin Mengemudi (SIM) golongan C yang dikeluarkan Kakorlantas Polri beberapa waktu lalu, ditanggapi AKP Subana, Kasat Lantas Polres Kuningan. Saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/01/2015), AKP Subana mengungkapkan, dirinya masih belum mengetahui secara pasti kapan wacana tersebut akan mulai diberlakukan.
 

“ Saya juga sudah dengar dan mendapat wacana itu dari atasan kami di jajaran kepolisian, namun untuk kepastian waktu pemberlakuan wacana penggolongan SIM C tersebut, saya juga sampai saat ini masih belum mengetahuinya,” ujarnya.
 

Menurut AKP Subana, pengklasifikasian SIM C akan di golongkan menjadi 3 jenis disesuaikan dengan kapasitas mesin sepeda motor. Yakni SIM C untuk sepeda motor berkapasitas kurang dari 250 cc, SIM C1 dengan kapasitas mesin 250-500 cc dan SIM C2 untuk sepeda motor dengan kapasitas diatas 500 cc.
 

Pihak Polres Kuningan pun saat ini masih menunggu hasil pengkajian wacana perubahan dari Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) Nomor 9 tahun 2012 dan PP Nomor 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) yang dilakukan oleh Polri.
 

“ Saya sendiri sampai saat ini masih terus berkomunikasi dengan para jajaran kepolisian di tingkat atas tentang perkembangan wacana ini. Yang jelas, jika memang nantinya aturan itu sudah di tetapkan, tentu di Polres Kuningan juga akan diterapkan,” tegas AKP Subana.
 

Lebih lanjut AKP Subana mengemukakan, pada aturan yang mulai berlaku pada Januari 2016 ini, SIM yang habis masa berlakunya dapat diperpanjang dalam jangka waktu tidak melebihi tiga bulan dari tanggal habis masa berlakunya, sedangkan untuk perpanjangan SIM dapat dilakukan 14 hari sebelum tanggal habis masa berlakunya.
 

" Kalau sudah lewat dari tiga bulan tanggal habis masa berlakunya, maka harus membuat SIM baru. Sementara untuk yang ingin melakukan perpanjangan SIM secara online, kami juga tetap menerimanya, meskipun hanya bersifat receking data saja, untuk proses selanjutnya akan diserahkan ke Polrestabes Bandung, karena di Polres Kuningan fasilitasnya belum ada, namun kami terus mengupayakan fasilitas itu supaya perpanjangan SIM online bisa langsung dilakukan disini (red-Polres Kuningan),” pungkas AKP Subana. ( Sumber : MC Kuningan/Yudi).

Share