Kecamatan Ciawigebang dan Kecamatan Sindang Agung Menjadi Kecamatan Koperasi

Kategori: 

Setelah Kecamatan Cibingbin, Kuningan, Cilimus, Cigugur dan Luragung selanjutnya Kecamatan Ciawigebang dan Kecamatan Sindang Agung menjadi Kecamatan ke-6 dan ke-7 yang memperoleh predikat Kecamatan Koperasi di Kabupaten Kuningan. Pengukuhan sebagai Kecamatan Koperasi bagi Kecamatan Ciawigebang dan Sindangagung dilaksanakan dalam acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-65 Kabupaten Kuningan, di Alun-Alun Desa Ciawigebang pada hari Rabu (18/7).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana, Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Kuningan, Para Kepala SKPD Kabupaten Kuningan, Ketua TP PKK Kab. Kuningan Hj, Utje Ch Suganda, Ketua Dharma Wanita Persatua Kab. Kuningan dan para undangan. Ketua Panitia Peringatan Hari koperasi ke-65 tahun 2012 Kabupaten Kuningan, H. Iim Ibrahim dalam laporannya menjelaskan bahwa rangkaian acara peringatan hari koperasi diisi dengan berbagai kegiatan. “ Pada acara puncak peringatan hari koperasi ini juga telah dilaksankan gerak jalan santai yang diikuti oleh masyarakat, selain itu juga setelah acara ini akan ada pembagian sembako bagi kaum duafa,” kata H. Iim Ibrahim.
Sementara itu Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana dalam sambutannya menuturkan bahwa jumlah koperasi di Kabupaten Kuningan telah mencapai 523 Koperasi dengan anggotanya 86,872 orang. “ Aset koperasi mencapai 226 milyar serta volume usaha menacapai 649 milyar, sedangkan jumlah UMKM mencapai 21.334 unit yang terbesar bergerak pada sektor perdagangan (61,89%) industri pertanian (15,82%) industri non pertanian (5,78%) dan aneka usaha (16,51%) total aset terbesar Rp. 1,018 Milyar dan tenaga kerja pada UKM umumnya menapai 29,513 orang, “ tambah Beliau.
“ Saya ucapkan selamat kepada Kecamatan Ciawigebang dan Sindangagung yang telah memperoleh predikat Kecamatan Koperasi untuk tahun 2012 semoga prestasi ini akan menjadi sumber inspirasi dan motivasi dalam mendorong tumbuh kembangnya perekonomian masyarakat Kecamatan Ciawigebang dan Sindangagung yang berbasis koperasi dan untuk kecamatan lainnya saya tunggu kinerja para Camat dan gerakan koperasi untuk memperoleh predikat yang sama,” kata H. Momon Rochmana.
Dalam kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada koperasi-koperasi yang berprestasi diantaranya penghargaan untuk kategori koperasi konsumsi yang diperoleh KPRI Sehat Dinas Kesehatan Kab. Kuningan, penghargaan untuk kategori Koperasi Simpan Pinjam oleh PRIM Koveri dari Pasapen Kec. Kuningan, Penghargaan Kategori Koperasi Jasa oleh Koperasi KSU Maju Jaya dari Desa Cigedang Kec. Luragung, untuk kategori Koperasi Produsen oleh Koptan Larasati Cigugur Kec. Cigugur dan untuk Kategori Koperasi Pemasaran oleh KUD Bangkit Abadi Desa Bandorasa Wetan Kec. Cilimus.
Selain itu juga diserahkan bantuan alat-alat mesin kerajinan untuk Industri Kecil Menengah yang diserahkan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda kepada 7 IKM yaitu IKM Srikandi Desa Jalaksana Kec. Jalaksana, IKM Yordan Desa Mekarsari Kec. Cipicung, IKM Miniatur Kayu Kelurahan Ciporang Kec. Kuningan, IKM Clarissa Sablon Desa Linggarjati Kec. Cilimus, IKM Sangkeran Kelurahan Sukamulya Kec. Cigugur, IKM Bengkel Alat Musik Desa Karangtengah Kec. Maleber, IKM Miniatur Angklung Desa Citangtu Kec. Kuningan. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share