Kecamatan Cibeureum Deklarasikan Open Defecation Free

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. Menghadiri acara Deklarasi Desa ODF (Open Defecating Free) Kecamatan Cibeureum, Rabu (30/12/20). Program ini mengacu kepada 1 dari 5 pilar, sanitasi total berbasis masyarakat yang diatur dalam Permenkes No. 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan pelaksanaanya melalui instruksi Bupati Kuningan No.3 tahun 2017 tentang STBM untuk mencapai Desa Stop Buang Air Besar sembarangan atau ODF di Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan ini, Drs. Pulung Sugandi, Camat Cibeureum, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan. ODF di Kecamatan Cibeureum sudah dimulai dari tahun 2015, dilakukan secara bertahap hingga saat ini telah menuntaskan Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar sembarangan pada penghujung tahun 2020.

Tentu saja tantangan demi tantangan muncul dalam kurung waktu 5 tahun ini, namun berkat adanya partisipasi, dukungan dan tanggung jawab, Kecamatan Cibeureum telah melakukan berbagai upaya dari potensi sumber daya yang ada di masyarakat.

“Pemanfaatan Dana Desa yang di akomodir melalui proses penyusunan APBD tahun anggaran telah berjalan serta melakukan kemitraan dengan unit pengelola kegiatan. dengan jumlah anggaran sebesar 60jt tersebar di 8 desa.” Jelas Pulung.

Camat Cibeureum berharap, dengan dideklarasikannya Kecamatan Cibeureum sebagai Desa ODF, seluruh masyarakat Kecamatan Cibeureum memiliki komitemen, guna menunjang visi dan misi Kabupaten Kuningan.

Diamini oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, deklarasi Kecamatan Cibeureum sebagai Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan, bisa menjadi motivasi untuk Kecamatan yang lainnya untuk menerapkan hal yang serupa.

“Desa ODF, Desa yang terbebas dari pola hidup atau kebiasaan buang air besar sembarangan, akan menyelesaikan persoalan kehidupan yang berkaitan dengan kesehatan. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat betapa pentingnya kesehatan dan betapa pentingnya Desa mengolah sanitasi, artinya kita sudah maju ke depan. Jikalau kita mau menjadi pelopor dan motivator, lingkungan kita akan menjadi sehat, rakyat kita pun akan menjadi sehat, dan ODF menjadi bagian yang cukup penting untuk terbentuknya nilai-nilai kesehatan yang ada di lingkungan kita.” Pesan Beliau.

Hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM., Camat Cibeureum Drs. Pulung Sugandi, Perwakilan Kecamatan Cibingbin M. Reza, S.STP, M.Si., Ketua Apdesi Kecamatan Cibeureum H. Juhri Gianaris. (BID/IKP/DISKOMINFO)

 

Share