Kegiatan Food Festival dan Gelar Produk IKM Kuningan Berpeluang Besar untuk Memperluas Akses Promosi dan Pemasaran Produk UMKM

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH. membuka Kegiatan Food Festival dan Gelar Produk IKM Kuningan di Prima Resort Sangkanhurip, dengan tema “Difersivikasi Produk Pangan dan Beras yang Berbasis Sumber Daya Lokal” yang diikuti oleh tim Penggerak PKK  Kecamatan se-Kabupaten Kuningan Rabu (23/12/2020). Tujuan nya untuk memperluas akses promosi dan pemasaran berbagai Produk IKM Kuningan serta meningkatkan kreatifitas , kapasitas, dan kopetensi UMKM Perdagangan serta penggunaan produk dalam grid.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa, dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya secara bersama-sama  ataupun sendiri mengupayakan penggunaan produk dalam negeri melalui promosi, sosialisasi atau pemasaran dan menerapkan kewajiban menggunakan produk dalam negeri sesuai dengan ketentuan  perundang-undangan.

“Salah satu upaya pemerintah daerah dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri yaitu dengan diversifikasi pangan.  Diversifikasi pangan adalah upaya peningkatan konsumsi aneka ragam pangan dengan prinsip beragam, bergizi, berimbang. Diversifikasi pangan perlu dukungan ketersediaan teknologi pengolahan yang relatif mudah dan murah untuk dapat diterapkan di masyarakat.” Ujar Bupati.

Ia juga menambahkan bahwa langkah nyata untuk mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dengan memanfaatkan Sumber Daya dan potensi yang sangat besar dalam menghasilkan pangan lokal di konsumsi setiap wilayah, serta penganekaragaman konsumsi pangan akan memberikan dorongan dan insentif kepada penyediaan produk pangan yang lebih beragam dan aman untuk dikonsumsi termasuk produk pangan yang berbasis Sumber Daya lokal.

Laporan Ketua oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian U. KUSMANA, S.Sos, M.Si. bahwa,  Dasar Hukum Kegiatan Food Festival dan Gelar Produk IKM Kuningan serta Oprasi atau Sembako Murah yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Kuningan Tahun 2020. Yang bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari di simboliskan kepada Camat yang sudah di undang yaitu 8 kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Pasawahan, Kecamatan Pancalang, Kecamatan Cigugur, Kecamatan  Jalaksana, Kecamatan Ciniru, Kecamatan Sindangagung, Kecamatan Darma, dan Kecamatan Cigandamekar.

“Paket atau sembako murah itu terdiri dari beras 5 Kilo, gula pasir 2 Kg, dan minyak goreng 2 Liter, dengan jumlah Peserta kegiatan yaitu 52 orang, lebih dari 32 orang tim penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan, dan 20 orang pelaku IKM Kuningan beserta camat yang 8 kami undang untuk simbolis.“ Ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian U. KUSMANA, S.Sos, M.Si.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Ika Acep Purnama menyampaikan, kebutuhan akan ketertersediaan pangan sangat mendesak karena dengan meningkatnya jumlah penduduk. Sehingga  ketersediaan pangan cukup menjadi harga mutlak untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

“Gangguan stabilitas pada harga beras akan mneyebabkan kerawanan sosial untuk itu kami harapkan dari kegiatan ini mulai berfikir kita semua sebagai PKK bisa berperan dalam peananekaragaman pangan olahan sumber daya alam yang melimpah serta iklim yang mendukung di Kabupaten Kuningan, dan kami sangat bangga bahwa PKK yang ada di 32 kecamatan bisa menampilkan olahan makanan yang beranekargam.” Ujar Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Ika Acep Purnama.

Acara ini dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sektretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan U. KUSMANA, S.Sos, M.Si., Kepala SKPD Lingkup Ekonomi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama., Ibu- ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kuningan, dan Bapak Ibu Pelaku IKM Peserta Kegiatan Food Festival dan Gelar Produk IKM Kuningan. (BID/IKP/DISKOMINFO) 

 

Share