Kelurahan Ciporang Gelar Bazar UMKM, Wabup Apresiasi

Kategori: 

KUNINGAN,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., MH, mengapresiasi kegiatan Bazar UMKM yang digelar Pemerintahan Kelurahan Ciporang, Kecamatan Kuningan, Kamis (23/6/2022), di Halaman Kantor pemerintahan setempat.

Menurut Wabup, kegiatan tersebut merupakan inovasi dan hal pertama yang dilakukan pemerintahan ditingkat kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten Kuningan. Pasalnya, dalam kegiatan itu, Pemerintah Kelurahan Ciporang menggandeng sejumlah dinas dalam penyelenggaraanya diantaranya, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Pertanian, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, serta Badan Pelayanan Pendapatan Daerah (Bappenda).

“Saya mengapresiasi kegiatan Bazar UMKM ini, ini merupakan sebuah inovasi, dimana sebuah kelurahan bisa menggelar kegiatan yang menggandeng beberapa dinas. Sehingga selain memasarkan produk UMKM yang ada di Kelurahan Ciporang, masyarakat juga bisa menikmati pasar murah, mendapatkan layanan administrasi kependudukan, bisa membayar PBB, bisa mengurus izin usaha, dan bisa menggunakan fasilitas perpustakaan keliling. Ini pertama di Kabupaten Kuningan,” ujar Wabup.

Wabup berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan oleh desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kuningan, untuk mendongkrak UMKM yang ada di tiap desa/kelurahan agar dapat berkembang dan maju.

“Terima kasih kepada Lurah Ciporang, meski baru dua bulan menjabat, tapi sudah membuat inovasi yang sangat luar biasa, dan ini perlu dicontoh oleh desa/kelurahan lain. Ini juga dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat melalui usaha-usaha kecil, dimana UMKM-UMKM inilah yang mampu bertahan disaat dunia dilanda Covid-19,” ujar Wabup.

“Saya juga meminta, kepada dinas terkait perlu menggandeng UMKM-UMKM untuk terus berkembang, baik dari segi perizinan maupun pemasaran. Karena bila UMKM nya maju, maka perekonomian negara akan bangkit,” tandasnya.

Sementara, Lurah Ciporang Dadan Sudiana, S.Kom, menyampaikan, Bazar UMKM akan dilaksanakan selama tiga hari (23-25 Juni 2022). Dimana tujuannya, selain sebagai ajang silaturahmi antara para pelaku usaha dan masyarakat di Keluarahan Ciporang juga untuk menghidupkan kembali geliat perekonomian masyarakat setelah pandemi.

“Selaras dengan tema bazar kali ini yaitu, “Membangun Kearifan Lokal, UMKM Maju Ciporang Bangkit”, tujuan lainnya yakni, menggali potensi-potensi, baik UMKM dan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setelah pandemi, khususnya perekonomian masyarakat Kelurahan Ciporang,” singkatnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kuningan didampingi Camat Kuningan, Forkopimcam Kuningan, perwakilan SKPD, dan para Kepala Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kuningan, meninjau seluruh pelayanan dan aktivitas UMKM pada kegiatan tersebut.(BID IKP/DISKOMINFO)

Share