KP-SPAMS Tingkatkan Air Minum Dan Sanitasi Untuk Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. membuka secara langsung Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas KP-SPAMS (Kelompok Pengelolaan Sistem Penyedia Air Minum dan Sanitasi) Tahun 2021 di salah satu Hotel Kuningan, Senin (29/11/2021).

Dalam kesempatan ini, Bupati menyampaikan, salah satu aspek yang sangat menentukan keberlanjutan program ini yaitu terbentuk dan berfungsinya KP-SPAMS. Dimana, kata Bupati KP-SPAMS mempunyai tugas untuk mengelola operasi dan pemeliharaan dari sistem air minum yang sudah dibangun.

“Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi KP-SPAMS semoga dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan bagi para pengelola agar lebih profesional dalam mengelola sistem penyediaan air minum dan sanitasi, yang lebih utama adalah dapat meningkatkan pelayanan air minum dan sanitasi terhadap masyarakat pedesaan secara maksimal,” ujarnya.

Bupati juga berharap, pelatihan ini dapat menjadi wadah terjalinnya komunikasi antar pemangku kepentingan dan sharing informasi serta identifikasi permasalahan dan hambatan dilapangan yang dialami masyarakat dalam melanjutkan program penyediaan air minum dan sanitasi.

“Semoga saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik mulai awal hingga selesai nanti, dan memperoleh pemahaman dan pengalaman baru untuk diterapkan di desa masing- masing, sehingga mampu mengelola KP-SPAMS secara mandiri ataupun berintegrasi sebagai unit usaha Bumdes atau Bumdesma. Serta mampu bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsinya,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuningan Drs. H. Dudi Pahrudin, M. Si. menyampaikan jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 80 orang, terdiri dari 30 orang Kepala Desa, 30 orang Ketua KP-SPAMS, 5 (lima) orang PAMSIMAS, 5 (lima) orang KP-SPAMS, 5 (lima) orang Water.Org, dan 5 (lima) orang Asosiasi KP-SPAMS.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas DNA profesionalisme KP-SPAMS/Kelompok dan pelayanan air minum serta sanitasi untuk masyarakat pedesaan,” ujarnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share