Kualitas 40 Pengelola Pajak Digenjot

Kategori: 

Ada 40 petugas pengelola pajak tingkat kecamatan digembleng selama empat hari penuh melalui Diklat Pajak Daerah di Hotel Horizon Tirta Sanita Sangkanhurip Kuningan, Selasa (09/02/2016). Selain itu ada juga pegawai Dinas Pendapatan Daerah dan Badan Kepegawaian Daerah Kuningan sebagai pengelola pajak daerah dan pengelola kepegawaian di Lingkup Pemkab Kuningan. BKD sebagai penggagas tidak sendiri, BKD menggandeng Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung, Praktisi Pajak, Akademisi dan Dispenda Kuningan.
 

Diklat perpajakan ini tidak lain untuk meningkatkan kompetensi petugas pajak daerah, sehingga mereka mampu menjadi pengelola pajak daerah yang efektif dan efisien, terang Kabid Diklat Pegawai, Drs H. Hustiadi Msi didampingi Kasubid Diklat Teknis/Fungsional, Purwadi Hasan Darono, M.Sc.
 

Kepala BKD Kuningan, Drs. Uca Somantri Msi mengingatkan bahwa upaya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia di daerah, terutama Aparatur Sipil Negara ( ASN ) menjadi investasi yang vital dan menentukan masa depan pembangunan daerah.
 

“ Kita perlu bercermin dari kebersilan pembangunan, baik dalam skala lokal, nasional, maupun global, yang ternyata lebih banyak ditentukan oleh kualitas sumber daya manusinya dibanding kekayaan sumber daya alam yang melimpah,“ paparnya.
 

Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan, banyak kasus nyata dimana daerah dengan sumber daya alam yang melimpah terjebak dalam kekisruhan ekonomi dan pembangunan berkepanjangan. Semua terjadi akibat salah urus. Hingga akhirnya menyebabkan masyarakat terjebak dalam kemiskinan laten.
 

Sebaliknya tidak sedikit daerah yang memiliki keterbatasan sumber daya alam muncul menjadi pemimpin kemajuan ekonomi, sebab sumber daya manusianya jeli memanfaatkan peluang dan keunggulan kompetitif daerahnya. Papar Utje.
 

Dari kejadian tersebut, sangat penting bagi BKD untuk terus meningkatkan kualitas pegawai diberbagai bidang salah satunya Diklat Perpajakan bagi 40 petugas pengelola Pajak Kecamatan, Dispenda dan BKD sendiri. Untuk itu pula Bupati menekankan kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan optimal Diklat perpajakan ini.
 

“ Jadikan Diklat Perpajakan ini sebagai bagian dari upaya peningkatan sekaligus juga peningkatan kulitas sumber daya manusia Kabupaten Kuningan,“ pinta Utje. ( Sumber : DoniSBagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share