Kuningan Menuju Kabupaten Pendidikan

Pelatihan-Diseminasi-Modul-1-LPTK-USAID
Kuningan – Komitmen Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Kuningan yang bekerjasama dengan USAID PRIORITAS dalam menyebarluaskan program pelatihan di tingkat sekolah non mitra begitu tinggi, hal ini terbukti dengan diadakannya pelatihan diseminasi pelatihan Modul 1 Contextual Teaching Learning atau pembelajaran kontekstual untuk dua kecamatan yaitu Kec. Cigugur dan Kec. Kadugede selama tiga hari kamis sampai sabtu.
 
Pelatihan CTL ini melibatkan tiga sekolah menengah pertama yaitu SMPN 1 Cigugur, SMPN 2 Cigugur dan SMPN 2 Kadugede ini diikuti oleh 53 orang peserta dari unsur guru dan kepala sekolah.
 
” Kuningan saat ini menuju Kabupaten pendidikan, oleh karena itu dukungan dari semua pihak mutlak dibutuhkan demi terwujudnya Kabupaten Pendidikan, salah satunya dukungan tersebut datang dari USAID PRIORITAS yang melaksanakan pelatihan – pelatihan kepada guru SD maupun SMP” jelas Drs. Asep Taufik Rohman, M.Pd., M.Si, Kepala Dinas Pendidikan, disela – sela membuka acara kegiatan diseminasi Pembelajaran Kontekstual untuk praktik yang baik di SMPN 2 Cigugur (10/09)
 
Taufik menambahkan ”untuk menuju Kuningan sebagai kabupaten pendidikan, maka guru - guru SMP perlu diberikan pelatihan, salah satunya kerjasama dengan USAID PRIORITAS ini, karena saya melihat pelatihannya berbeda dengan pelatihan lainnya, tentu ini akan meningkatkan mutu proses belajar mengajar di SMP – SMP di Kab. Kuningan karena guru – guru dibekali pembelajaran dengan konsep contextual teaching learning atau CTL yang mengenalkan pembelajaran kooperatif, merancang pembelajaran yang efektif, partisipatif, serta adanya praktek mengajar langsung di hari terakhir’’ terang Taufik. 
 
Selain pembelajaran lebih kreatif, tentunya pembelajaran kontekstual yang akan diterapkan di SMP tersebut menjadi lebih menyenangkan dan berkualitas dengan adanya hasil pajangan yang akan ditempel di ruang kelas. 
 
Menurut ketua panitia yang juga kepala SMPN 2 Cigugur Adang Kusdiana, M.Pd, beliau mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan diseminasi pelatihan kontekstual tingkat SMP ”kami bangga bisa menyelenggarakan kegiatan ini, apalagi dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas, mudah – mudahan, sekolah – sekolah yang dilatih oleh fasilitator USAID PRIORITAS ini bisa meningkatkan pengajaran dan pembelajaran bagi para siswa, khususnya guru – guru SMPN 1 Cigugur, SMPN 2 Cigugur dan SMPN 2 Kadugede, sehingga ke depan nanti akan berkualitas dalam menghasilkan kelulusan siswa – siswi di sekolah kami’’ ungkapnya
 
Ditemui ditempat yang sama, Moh. Bunasir, S.Pd, salah seorang fasilitator daerah, ke depan sekolah – sekolah yang telah dilatih ini bisa mengembangkan keprofesionalan para guru setelah melaksanakan program pelatihan ini. 
 
”Apalagi saat ini USAID PRIORITAS telah mengembangkan program budaya baca di setiap sekolah mitra, dan tambah kuat setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengembangkan program wajib baca sebelum belajar selama 15 menit melalui permendikan no 21 tahun 2015” ujar Moh. Bunasir.
 
Ke depan, menurut Ahmad Syaiful Bahri, District Coordinator Kab. Kuningan, program diseminasi ini terbuka bagi sekolah – sekolah non mitra USAID PRIORITAS, ”Program diseminasi ini terbuka bagi semua sekolah non mitra, sehingga manfaat program bisa dirasakan oleh semua sekolah, dan bagi yang berminat mengadakan pelatihan tersebut bisa menghubungi kami” pungkasnya. ( Sumber : Ahmad Syaiful Bahri, USAID PRIORITAS – DC Kuningan Jawa Barat via info@kuningankab.go.id )
Pelatihan-Diseminasi-Modul-1-LPTK-USAID
Pelatihan-Diseminasi-Modul-1-LPTK-USAID
Share