Kuningan Peringati Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang Tahun 2015

Peringati Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda memimpin apel pagi yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang tahun 2015 di Halaman Setda Kab. Kuningan pada Senin (26/10/2015). Hadir Juga Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Sekretaris Daerah, H. Yosep Setiawan, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan, para Kepala SKPD, beserta para peserta apel.
 

Bupati Kuningan dalam amanatnya menuturkan tanah merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa dan masyarakat Indonesia, Undang-Undang Dasar tahun 1945 mengamanatkan bahwa tanah harus dipergunakan bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat. ” Pengelolaan tanah seharusnya tidak boleh menjadi sesuatu yang menyengsarakan dan memiskinkan masyarakat, Pemerinrah Daerah Kabupaten Kuningan bersama dengan Badan Pertanahan Nasional harus berada di garis terdepan dalam mengangkat kehidupan masyarakat, maka pada tahun 2015 dalam Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang mengambil tema “ tanah untuk ruang hidup yang memakmurkan dan menentramkan”.
 

Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang telah berlangsung dari tanggal 27 September 2015 sampai dengan 8 November 2015 dimana, pada tahun 2015 Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan telah banyak melakukan pensertifikatan tanah masyarakat yang bertujuan memberikan kepastian hukum hak atas tanah yang diharapkan kedepannya akan memberikan kesehjahteraan bagi masyarakat secara tidak langsung melalui optimalisasi pemanfaatannya untuk pengembangan ekonomi kerakyatan, selain tanah masyarakat, kantor Pertanahan juga telah menyelesaikan pensertifikatan tanah-tanah asset Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Sertifikasi tanah pemerintah ini suatu keharusan untuk menjaga dan melindungi asset yang  dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan.
 

Dalam kesempatan tersebut diserahkan secara simbolis sertifikat hak tanah program legalisasi asset tahun 2015 melalui kegiatan pensertifikatan tanah sebanyak 4.307 bidang yang terdiri dari sertifikat asset Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan sebanyak 107 bidang, Pengusaha Mikro dan kecil sebanyak 100 bidang yang bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM, masyarakat berpenghasilan rendah sebanyak 400 bidang yang bekerjasama dengan Dintas Tata Ruang dan Cipta Karya, Pertanian sebanyak 50 bidang yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan. Selain itu juga diserahkan pula sertifikat restribusi tanah kepada petani penggarap sebanyak 1.000 bidang dan prona untuk masyarakat sebanyak 2.750 bidang.
 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga disematkan tanda jasa kehormatan Setya Lencana Karya Satya kepada 8 orang Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan yang mendapat penilaian kinerja  baik tanpa cacat untuk 30 tahun dan 20 tahun. ( Sumber : YHN, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Peringati Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang
Peringati Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang
Peringati Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang
Share