Kunjungan Ke Sentra Jambu Kristal di Desa Geresik, Bupati : Ini Bisa Menjadi Sesuatu Percontohan Yang Baik di Bidang Pertanian dan Agrowisata

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH melakukan kunjungan ke Sentra Jambu Kristal milik Bapak H. Tatang Suharta yang dikenal juga sebagai pengusaha Hisana Fried Chicken. Bertempat di Desa Geresik, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Selasa (10/05/2022).

Kehadiran Bupati di lokasi tersebut disambut hangat oleh Owner Sentral Jambu Kristal H. Tatang Suharta beserta staf dan warga setempat lainnya yang sangat senang Bupati bisa hadir bersama jajaran untuk melihat-lihat Kebun Jambu tersebut.

Setibanya di lokasi Bupati mengunjungi lokasi kebun-kebun tersebut menggunakan kendaraan roda empat bersama owner dan rombongan lainnya.

Dalam kunjungannya ke lokasi Sentra Jambu Kristal tersebut, Bupati Acep sangat terpukau dengan luas lahannya kebun jambu tersebut yang sampai 25 Hektar tanah. Di kebun tersebut tidak hanya Jambu Kristal saja yang di tanam tapi varietas buah-buah lain juga ada seperti Durian, Alpukat, Jambu dll. Selain kebun yang seluas 25 Hektar tersebut, terdapat juga 2 Kebun khusus Jambu Kristal di 2 (dua) lokasi lain dengan luas 2 Hektar dan 5 Hektar lainnya di sekitar lokasi tersebut.

“ Bisa terlihat langsung ternyata di Kuningan Timur ini ada Sentral Jambu Kristal yang besar, mudah mudahan akan menjadi sesuatu percontohan untuk yang lainnya, kalau dulu kita mengesankan Kuningan timur itu  ya kalau bicara sawah tada hujan, kalau mau bicara kebun kadang airnya tidak bisa tersalurkan maksimal dan ternyata dengan teknologi sekarang, bukan hal tidak mungkin kita lihat sendiri dengan teknik di bor kemudian lalu disalurkan dengan selang dan pipa ini menggunakan sistem dan kecanggihan teknologi sehingga segala sesuatunya menjadi mudah, pohon-pohon jambu tersebut bisa tersirami air dan bukan hanya itu saja air nya pun diberikan vitamin agar jambu nya sehat dan bagus hasilnya,ini buktinya” terang Acep seraya memperlihatkan hasil petikan Jambu nya di lokasi.

Dengan merasa sangat terkesan nya Bupati mengatakan, ini bisa menjadi  sesuatu percontohan yang baik di Bidang Pertanian dan Agrowisata. Karena di Kuningan ini banyak sekali lahan-lahan yang berpotensi untuk di kembangkan bukan hanya untuk menanam Jambu tapi bisa untuk Agrowisata juga seperti di Sentra ini, dimana para pengunjung bisa merasakan sensasi langsung memetik Buah Jambu dengan tangan sendiri langsung fresh dari kebunnya.

“ Saya mohon kepada Pak Usep sebagai Kepala BAPPEDA untuk direncanakan. Kita akan memulai di tanah pemerintahan daerah yaitu di Desa Cikandang, ada 18 hektar kita mulai untuk percontohan seperti ini dan tentu saja saya mohon bimbingan dari pak haji Tatang sebagai Putra Kuningan bisa untuk berbagi pengalamannya” Jelas Acep.

Owner Sentral Jambu Kristal H. Tatang Suharta di wakili oleh Pengelola Kebun Pak Asep menerangkan bahwa tujuan dikelola nya kebun-kebun tersebut yang pertama adalah memanfaatkan dan memaksimalkan lahan agar bisa terawat. Yang kedua kita untuk pemberdayaan juga, jadi alhamdulillah kita selama ini cukup banyak warga terbantu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu kita pun coba untuk membangkitkan, menggiatkan sektor pertanian dan sebagai Agrowisata di Kuningan Timur dimana para pengunjung bisa memetik buah jambu nya di lokasi langsung. 

Hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda, Perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Camat Ciawigebang, Camat Kalimanggis, Kepala Desa setempat beserta Perangkat Desa, dan tamu undangan lainnya. (Bid IKP/ Diskominfo)

 
Share