Kunjungan Staf Ahli KEMENKO PMK Dalam Rangka Monitoring Pelaksanaan Nataru Di Kabupaten Kuningan.

Kategori: 

Kuningan,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH, MH. terima Kunjungan Staf Kementerian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMENKO PMK). Hadir 2 (dua) orang staf ahli yakni Nyoman Shuida sebagai Staf Ahli Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Kemaritiman dan Aris Darmansyah Edisaputra sebagai Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi, bertempat di Pendopo Setda Kabupaten Kuningan, Jumat (31/12/2021).

Staf Ahli Kementerian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMENKO PMK) hadir ke Kabupaten Kuningan dalam rangka monitoring pelaksanaan Nataru di Kabupaten Kuningan.

Hadir mendampingi Bupati Kuningan, Kadishub Kuningan H. Muhamad Mutofid, SH., M. T, Kadinsos Kuningan Dr. Deni Hamdani, M. Si, Kadinkes Kuningan  dr. Hj. Susi Lusiyanti MM., Kalak BPBD  Indra Bayu Permana, S.STP, Kasatpol PP Kuningan  Drs. Agus Basuki, M.Si, dan Kadisporapar Kuningan Dr. H. Toto Toharuddin, M.Pd.

Staf Ahli KEMENKO PMK usai diterima dengan hangat oleh Bupati Acep di pendopo, tak berlangsung lama langsung beranjak monitoring menuju Tamkot Kuningan.

Nyoman Shuida sebagai Staf Ahli Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Kemaritiman dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kami mendapat tugas dari pak menko melaksanakan monitoring pengendalian mobilitas penduduk untuk kegiatan nataru. Kami melihat dan berkoordinasi ke pak bupati berdiskusi dan memang kuningan sangat siap untuk membatasi dan sudah memiliki antisipasi apabila terjadi stuck atau misalnya mobilitas yang sangat tinggi diatas 75% akan dilakukan penyekatan.

“Saya lihat kesiapan dan kedisiplinan masyarakat cukup bagus, kami juga meninjau melihat pos terpadu dan tidak hanya untuk pengendali saja tetapi juga pos ini bisa untuk persiapan masyarakat yang belum divaksin, ada gerai vaksin di dalam nya, kemudian ada juga swab disini. Tekad ini sangat baik perlu diikuti juga oleh teman-teman yang lain untuk semakin melakukan pengetatan prokes di berbagai tempat yang dianggap titik kerawanan dalam rangka nataru ini” tutur nya.

Aris Darmansyah Edisaputra sebagai Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kuningan sudah sangat siap sekali untuk menghadapi malam tahun baru ini, tapi ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada dukungan dari masyarakat tentunya. Jadi kami harapkan juga masyarakat untuk sama-sama menerapkan prokes yang ketat seperti yang sudah digariskan pemerintah.

Bupati Kuningan dalam kegiatan tersebut mengutarakan kepada Staf Ahli Kementerian Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMENKO PMK) bahwa, alhamdulillah di penghujung tahun 31 Desember 2021 ini saya bersama bapak-bapak DARI KEMENKO PMK berkunjung di wilayah kuningan dalam rangka monitor terkait dengan pelaksanaan nataru.

“Alhamdulillah natal sudah berlalu sudah kondusif tinggal nanti hari ini nanti malam, besok, sampai hari minggu tentu mungkin ada peningkatan aktivitas  mobilisasi ditengah masyarakat dan kita berkewajiban untuk melakukan monitor dan insya allah saya sudah siap semuanya dengan seluruh jajaran TNI/Polri, SKPD, organisasi-organisasi untuk monitor pelaksanaan dengan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang mungkin saja terjadi misalnya pemadatan, penumpukan saya tidak akan ada penyekatan tapi kami mengantisipasi apabila tingkat kepadatan sudah lebih dari 50 bahkan menjelang 75% terpaksa kami lakukan penyekatan” ungkap Bupati Acep.

Dijelaskan Bupati Acep, Ada beberapa titik termasuk gerai vaksin dibuka hari ini kita sedang melaksanakan itu, kalo bahasanya mah razia vaksin. Dalam razia vaksinasi itu, belasan pengendara terjaring karena diketahui belum melakukan vaksinasi melalui aplikasi Peduli Lindungi. Mereka yang belum mendapatkan vaksinasi langsung di vaksin di lokasi Pos Terpadu setempat.

“Insya Allah mudah-mudahan pergantian tahun ini bisa berjalan dengan lancar, lebih baik, kondusif, tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan” harap Bupati. (Bid IKP /Diskominfo)

Share