Linmas Dituntut Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Kategori: 
Pembinaan Anggota Linmas

Menghadapi permasalahan di lapangan yang kian kompleks menuntut seorang anggota Linmas untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu memberikan solusi atas permasalahan yang sering terjadi di lapangan. “ Kabupaten Kuningan termasuk kategori rawan bencana alam, seperti longsor, gerakan tanah, kebakaran, dan gempa bumi sehingga otomatis seorang anggota Linmas yang ada pada jalur rawan bencana harus memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang penanganan di bidang bencana alam.” Hal tersebut disampaikan Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP saat membuka pembinaan anggota Linmas desa/kelurahan periode siap tahun 2015, di Rumah Makan Mayang, Rabu (11/10/2015).
 

Selain itu, lanjut Beliau, dahsyat dan bahayanya peredaran narkoba yang sudah merambah ke desa-desa menjadi ancaman serius dan diperlukan antisipasi dari kita semua khususnya anggota Linmas yang berhubungan langsung dengan masyarakat. “ Kita tidak menghendaki generasi muda Kuningan moral maupun akhlaknya rusak gara-gara narkoba yang tidak bisa dideteksi oleh masyarakat maupun anggota Linmas,” tandasnya.
 

Lebih lanjut, Bupati Kuningan mengatakan kaitan dengan tugas penegakkan Perda, anggota Linmas harus jadi kepanjangan tangan dan tangan kanan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang ada di desa dalam hal penegak Perda diantaranya menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai selain itu anggota Linmas harus memiliki pengetahuan bentuk-bentuk penegakkan Perda lainnya.
 

“ Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam upaya meningkatkan kapasitas anggota Linmas secara bertahap akan terus-menerus melakukan pembinaan-pembinaan seperti saat ini melalui kegiatan pembinaan anggota Linmas periode siap,” ungkapnya.
 

Bupati berharap anggota Linmas siap melaksanakan tugas-tugasnya dengan penuh tanggung jawab terlebih sekarang memasuki musim penghujan yang menimbulkan ancaman tanah longsor, untuk itu anggota Linmas yang berada di wilayah kerjanya masing-masing harus siaga penuh 1 X 24 jam, serta melakukan tindakan pertama melaporkan ketika ada bencana alam.
 

Sementara itu Ketua Panitia Kepala Bidang Linmas, Iid Hidayat, SMHK menyebutkan anggota Linmas yang diikutsertakan sebanyak 200 orang yang terdiri dari anggota Linmas se-Kabupaten Kuningan.
 

Menurutnya, Kegiatan pembinaan ini menghadirkan narasumber dari Satpol PP Kabupaten Kuningan, BPBD Kabupaten Kuningan serta BNN Kabupaten Kuningan dengan metode ceramah dan diskusi tanya jawab. ( Sumber : Beben, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Pembinaan Anggota Linmas
Pembinaan Anggota Linmas
Share