Makanan Khas Kuningan Harus Go Internasional

Kategori: 

Makanan Khas Kuningan yang beranekaragam diharapkan dapat go Internasional dan dapat berkembang dengan baik. Hal tersebut diungkapkan Bupati Kuningan disela-sela membuka secara resmi Ethnic Food Festival 2012 yang bertempat di halaman gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan Rabu 30-Mei.

Acara tersebut dihadadiri Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda beserta istri Hj. Utje Ch. Suganda, Wakil Bupati H. Momon Rochmana beserta istri Hj. Dadah Rochmana, Kapolres Kunigan AKBP Wahyu Bintono Hari Bawono, S.Ik, SH,

Assisten Pembangunan dan Kesra Drs. H. Kamil Ganda Permadi, MM, Kepala Dinas Perindag Nana Sugiana, SE. M. Si, serta tamu dan undangan.
Menurut Nana Sugiana, SE. M.Si tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Ethnic Food Festival non beras ini adalah untuk mendorong masyarakat untuk diversifikasi pangan olahan non beras, selain itu juga untuk mendorong produk-produk makanan olahan IKM agar dapat diserap oleh pelaku usaha took modern.
Masih menurut Nana, kegiatan ini diikuti oleh 40 pelaku usaha IKM makanan olahan dan 32 Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kuningan. Peserta yang terpilih menjadi pemenang nantinya akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan serta akan difasilitasi untuk dipromosikan produknya pada event pameran regional di Bandung dan pameran Nasional di Surabaya. Terang Nana.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda dalam sambutannya mengatakan, wisata kuliner telah berkembang sedemikian rupa menjadi salah satu alternatif penting bagi wisatawan dilokasi-lokasi potensial. Dengan silaksanakannya kegiatan Ethnic Food Festival ini merupakan bukti bahwa Kabupaten Kuningan memiliki keragaman makanan tradisional khas, serta layak dikedepankan sebagai bagian dari potensi dan kekayaan daerah.
Makanan-makanan tradisional ini dapat mempunyai nilai dan daya jual yang tinggi jika mereka bisa mengemasnya dalam kemasan yang menarik, karena dari nilai rasa makanan khas Kuningan memang sudah dinilai mempunyai cita rasa yang sangat enak. Seperti Tape Ketan dan minuman Jeruk Nipis Peras khas Kuningan kini sudah dikenal tidak hanya di dalam negeri tetapi juga sudah merambah dunia Internasional.
Kedepan makanan-makanan tradisional khas Kuningan ini dapat mengikuti kesuksesan untuk Go Internasional. Saya yakin dan percaya jika hal ini ditekuni secara serius semuanya akan mudah dicapai. Pemerintah Daerah dalam hal ini sipa untuk memfasilitasi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan melalui event-event regional dan nasional lambat laun makanan ini akan dikenalkan kedunia luar. Papar Aang yang diamini oleh Ketua TP PKK Hj. Utje Ch. Suganda.
(Sumber: Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan)

Share