MTQ Sarana Mewujudkan Masyarakat Beriman, Bertaqwa Serta Berakhlak Mulia

Kategori: 

Ribuan warga peserta pawai ta’aruf dari 32 Kecamatan se - Kabupaten Kuningan tumpah ruah memadati Jalan Siliwangi, berbagai pentas seni keagamaan pun ditampilkan untuk memeriahkan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-40 tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2012 yang pelaksanaannya akan dimulai hari ini Rabu, 14-15 Maret 2012. Start dari Pandapa Paramarta Kabupaten Kuningan menuju Masjid Agung Syi’arul Islam Kuningan sempat memacetkan arus lalu-lintas Jalan Siliwangi.

Penyelenggaraan MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2012 yang secara langsung dibuka Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda S.Sos bertempat di Mesjid Syiarul Islam, ikut dihadiri Wakil Bupati Kuningan, Drs. H. Momon Rochmana, MM, Unsur Muspida Kabupaten Kuningan, Ketua TP.PKK Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, Kepala Dinas, Instansi, Badan/Lembaga dan Para camat se-Kabupaten Kuningan.
Dalam laporannya Ketua Umum penyelenggaraan MTQ, Drs. H. Kamil Ganda Permadi mengatakan, para kafilah MTQ perwakilan dari setiap Kecamatan se-Kabupaten Kuningan akan mengikuti 6 (enam) jenis kecabangan secara perorangan untuk golongan putra/putri dan secara tim dengan personal gabungan putra dan putri.
Adapun jenis kecabangan yang dilombakan yaitu : cabang tilawah : golongan anak-anak putra jumlah peserta 31 orang, golongan anak-anak putri 29 orang, golongan remaja putra jumlah peserta 31 orang, golongan remaja puteri 32 orang, golongan dewasa putra jumlah peserta 32 orang, golongan dewasa putri 32 orang, cabang murotal putra jumlah peserta 16 orang,  murotal putri 19 orang, cabang menulis kandungan al-qur’an putra jumlah peserta 5 orang, putri 4 orang, cabang fahmil qur’an jumlah peserta 41 orang, cabang syarhil qur’an jumlah peserta 39 orang, serta cabang khotil qur’an putra jumlah peserta 14 orang, khotil qur’an putri 10 orang sehingga total jumlah peserta MTQ Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2012 sebanyak 399 orang peserta.
Sementara itu dalam sambutannya Bupati Aang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap panitia LPTQ serta masyarakat atas partisipasinya dalam penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-40 tingkat Kabupaten Kuningan. “Melalui kegiatan ini, semoga syiar agama islam dapat semakin berkibar. selain itu, semoga kegiatan ini juga menghasilkan para peserta terbaik yang siap tampil dalam MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.
Menurutnya, salah satu upaya kita untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan al-qur’an sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada allah swt adalah penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). kegiatan ini telah menjadi tradisi yang diselenggarakan mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten hingga tingkat nasional.”Marilah kita jadikan MTQ sebagai sarana untuk mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa, serta berakhlak mulia. marilah kita jadikan juga MTQ tingkat Kabupaten Kuningan ini sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar islam,” ungkapnya.
Sudah merupakan kewajiban, lanjut Ia, bagi umat islam untuk tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan ajaran Al-qur’an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya dewasa ini sehingga umat insya Allah akan meraih puncak kejayaan dan kemajuan dalam berbagai bidang, jika tetap berpegang teguh kepada al-qur’an dan sunnah.( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan).

Share