Munggahan, Warga Desa Karangmuncang Bedah Setu

Kategori: 

Kuningan ,- Warga Desa Karangmuncang Kecamatan Cigandamekar berlomba-lomba menjala ikan pada Tradisi Bedah Setu Embung Gempol dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, hadir Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Bersama Camat Cigandamekar, Kepala Desa Karangmuncang Kuswara, Ketua karang taruna Kabupaten Kuningan Dr. Elon Carlan, S.Pd.

Dengan berbekal jaring, seser dan ayakan, warga desa karangmuncang dengan sangat antusias menceburkan diri ke kolam berukuran besar. Mereka berlomba mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya dengan hanya menggunakan alat tradisional tersebut.

Bermacam jenis ikan didapat warga seperti Ikan Nila, Jaer, Kancra, dan lainnya. Bahkan terlihat seorang warga yang sangat senang mendapatkan 1 ekor ikan besar yang kemudian dibeli oleh ketua karang taruna muda binangkit, Hermawan sebesar 200 ribu rupiah.

Menurut Ketua karang taruna Hermawan, Kegiatan Bedah Setu Embung Gempol bertujuan untuk mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi covid-19 menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Kegiatan ini diawali dengan mengisi kolam dengan beberapa jenis ikan seperti ikan nila, ikan mas dan ikan lele secara bertahap H-2 sebelum pelaksanaan bedah setu. Tahap pertama, penyebaran ikan dilakukan sebanyak 2 kwintal, berlanjut ke tahap kedua penyebaran ikan dilakukan sebanyak 1 kwintal dan di hari pelaksanaan, Bupati memberikan lagi 1 kwintal ikan untuk warga.

Kepala Desa Karangmuncang mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Kuningan atas sumbangan 1 kwintal ikan untuk warga desa Karangmuncang.

Ia juga menyapaikan apresiasi kepada karang taruna yang telah mengelola setu embung gempol dan mengadakan pesta rakyat ke-2 ini.

"Alhamdulillah, melalui bedah setu gempol ini, warga Karangmuncang dapat menikmati ikan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan" Ujarnya.

Dalam laporan yang disampaikan Camat Cigandamekar, kegiatan rutin yang dilakukan karang taruna salahsatunya adalah budidaya kelinci dan ikan.

Menurutnya, sejauh ini, dalam merencanakan kegiatan, karang taruna selalu mengutamakan komunikasi dengan pemerintah masyarakat.

Terkait setu embung gempol, ia sangat berharap dengan lahan yang terbentang luas, setu embung gempol dapat dijadikan bumi perkemahan.

Hal yang sama juga dikatakan oleh ketua karang taruna muda binangkit desa karangkamuncang. Menurutnya, melalui kolaborasi dengan banyak pihak, setu embung gempol dapat dijadikan objek wisata.

"Saya mohon arahan dan petunjuk Pak Bupati agar perencanaan ini dapat segera terlaksana." Ujarnya.

Kondisi pandemi memaksa masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut harus mengikuti protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah Desa Karangmuncang.

Bupati pun membagikan masker kepada warga yang belum memakai masker di kegiatan ini, dan menghimbau selalu agar di setiap aktifitas selalu menerapkan protokol kesehatan dan berdoa semoga pandemi covid segera berakhi.

Bupati kemudian berpesan pada seluruh warga untuk membersihkan kolam dan diairi kembali, karena pada kesempatan tersebut Bupati akan menyumbang kembali ikan tambahan sebanyak 1 kwintal untuk dipanen saat perayaan Hari Ulang Tahun Indonesia mendatang.

"Dengan kegiatan ini ada kebersamaan dan kekompakan di desa Karangmuncang. Semoga dengan kebersamaan ini, desa Karangmuncang semakin maju di segala bidang." Ujarnya (bid/ikp/diskominfo)

Share