Nilai Kepahlawanan Tidak Akan Pernah Usang

Peringatan Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan ke-70 di Kabupaten Kuningan dipusatkan di Pandapa Paramarta Kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra, Selasa (10/10/2015). Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch. Sugdan, Wabup, H. Acep Purnama, Sekda, Yosep Setiawan, Kapolres, AKBP Jhoni Iskandar serta para Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan.
 

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini memiliki makna khusus karena bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-70, suatu usia kemerdekaan yang cukup matang untuk ukuran sebagai bangsa yang dewasa dalam bernegara. Peringatan hari pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanaan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluru rakyat Indonesia. Juga sebagai momentum dalam rangka menumbuhkankembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.
 

Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan, nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direlevansi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangaan jaman. Untuk itu peringatan hari pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara.
 

Lebih lanjut Utje mengatakan, peringatan hari pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.
 

Tema peringatan hari pahlawan tahun ini adalah “ Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku “. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik. Tutup Utje. ( Sumber : DoniS, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Peringatan Hari Pahlawan
Peringatan Hari Pahlawan
Share