Operasi Pasar Murah (OPM) Di Desa Sukaharja, Bupati : Dengan Adanya Operasi Pasar Murah Ini Dapat Sedikit Membantu Meringankan Beban

Kategori: 

KUNINGAN,- Pemerintah Kabupaten Kuningan  melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan  dengan Perum Bulog Cabang Cirebon Gelar Operasi Pasar Murah di Desa Sukaharja, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Rabu (25/05/2022). Target sasaran Operasi Pasar Murah (OPM) dengan jumlah penerima manfaat (KPM) dari Program ini tersebar di 5 (lima) Kecamatan diantaranya Kecamatan Cidahu, Kecamatan Kalimanggis, Kecamatan Darma, Kecamatan Cibingbin dan Kecamatan Cimahi, sesuai dengan basis data terpadu Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Kuningan.

Warga sangat terlihat Antusias dengan kehadiran Bupati H Acep Purnama SH MH di Lokasi Operasi Pasar Murah, ketika acara dimulai pun warga langsung menyerbu untuk membeli paket sembako murah tersebut. Salah satu warga menyampaikan kepada Bupati Acep, bahwa dengan adanya  Operasi Pasar Murah (OPM) ini merasa sangat terbantu sekali.

Kepala Dinas Kopdagperin U. Kusmana menerangkan bahwa Adapun jenis komoditas yang disalurkan melalui kegiatan ini adalah dalam 1 paketnya terdiri dari beras Premium kemasan 5Kg, Minyak Goreng kemasan 1 liter dan gula pasir kemasan 1Kg dengan total keseluruhan sebesar Rp.100.000 (Seratus Ribu Rupiah) namun hanya dibeli oleh masyarakat sebesar Rp. 55.000 (Lima Puluh Lima Ribu) dengan total paket yang akan disebar di 5 (Lima) Kecamatan.

Masih diterangkan Kadis kopdagperin, Penyerahan simbolis kegiatan Operasi Pasar Murah ini sebanyak 600 (Enam Ratus) Paket berlokasi di Desa Sukaharja, Kecamatan Cibingbin ini dan akan diserahkan bagi masyarakat penerima sesuai data terpadu kesejahteraan sosial.

Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Operasi Pasar Murah ini dapat membantu meringankan beban hidup saudara kita. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi ikut serta melaksanakan Operasi Pasar Murah. Sehingga kesempatan yang jarang dan baik ini, masyarakat bisa dilayani dengan jarak dekat dan harga yang murah," katanya.

Bupati mengatakan tujuan diadakannya Operasi Pasar Murah Bersubsidi ini untuk menjaga agar harga kebutuhan pokok tetap terkendali. “Operasi Pasar Murah ini bisa membantu masyarakat yang sedikit kurang beruntung dibandingkan kita sekalian. Yang kedua juga sebagaimana tujuan dari Operasi Pasar Murah ini, mudah-mudahan ini dapat mengendalikan fluktuasi harga sembako, gejolak harga barang kebutuhan pokok dapat berdampak pada inflasi dan berpengaruh pada daya beli masyarakat. Maka, melalui OPM dapat terwujud stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan,” katanya.

Bupati Kuningan di akhir sambutan mengatakan, saya berharap dengan adanya operasi pasar murah ini dapat sedikit membantu meringankan beban biaya belanja yang harus dikeluarkan oleh masyarakat dengan harga murah.

Bupati berpesan pada warga desa sukaharja , “ hayu bersama sama tingkatkan ekonomi, ladang di manfaatkan sawah di optimalkan. untuk kemajuan bersama. pendidikan semakin tinggi. Kesehatan harus selalu diperhatikan, pemberdayaan pada segala aspek dan kita bangun nilai kebersamaan dan kegotongroyongan silih asah silih asuh.

Ditambahkan Bupati menerangkan, operasi pasar murah ini diikuti dengan pelaksanaan vaksin bagi masyarakat yang bekerjasama dengan polres kuningan, pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuningan serta Pelayanan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NNIB) bagi pelaku usaha di wilayah setempat yang bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kuningan. 

Camat Cibingbin Dra. Hj. Imas Minarsih mengutarakan, alhamdulillah respon masyarakat sangat luar biasa terkait dengan operasi pasar murah dan hampir semua desa menginginkan terbagi kaitan dengan operasi pasar murah ini, dan mudah-mudahan nanti ada lanjutannya setelah hari ini kita melaksanakan yang pertama atau mungkin nanti ada yang kedua atau selanjutnya dan saya sangat berharap dari kecamatan Cibingbin adanya tambahan kuota barangkali terkaitan operasi pasar murah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.(Bid IKP/Diskominfo)

 
Share