P2WKSS Berhasil Sejahterakan Kaum Perempuan Desa Sakerta Timur

Kategori: 

KUNINGAN,- Perkembangan kondisi unggulan setelah pelaksanaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) mampu meningkatkan kesejahteraan serta keberadaan masyarakat khususnya kaum perempuan di Desa Sakerta Timur.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. pada saat membuka Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di  Desa, Senin (1/3/2021).

Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kuningan mendukung segala bentuk program untuk memajukan Desa, termasuk Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

“Konsep yang sudah dikembangkan dalam membangun desa kali ini adalah pengembangan Desa Sakerta Timur sebagai Desa Wisata. Keberhasilan program P2WKSS dapat dilihat dari adanya perubahan fisik maupun perubahan sikap dan perilaku masyarakat untuk bisa membangun dan mandiri.” kata Bupati.

Ia juga berharap, dengan perubahan fisik ataupun program yang diberikan SKPD dapat langsung ke desa, khususnya dalam mengembangkan konsep Desa Wisata, sehingga dapat memberikan perubahan untuk masyarakat dan dapat menjadi contoh desa lain yang belum mendapat program terpadu P2WKSS.

Pengembangan keluarga terutama wanita dan anak, kata Bupati merupakan salah satu upaya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, kegiatan yang dilakukan melalui program lintas sektor ini  dapat meningkatkan kemampuan, kemandirian serta ketahanan mental dan spiritual perempuan terutama masyarakat pedesaan.  Hal ini sejalan dengan  tujuan program P2WKSS untuk meningkatkan status pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Apresiasi kepada segenap pihak, dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, PDAM, Perbankan, organisasi dan dunia usaha yang telah berpartisipasi melaksanakan kegiatan di lokasi desa binaan P2WKSS di Desa Sakerta Timur Kecamatan Darma, terutama apresiasi setinggi-tingginya kepada Kepala Desa Sakerta Timur beserta jajarannya sebab pada pelaksanaan program terpadu P2WKSS tahun ini, Kabupaten Kuningan masuk menjadi salah satu dari 6 (enam) kabupaten/kota percontohan untuk implementasi anggaran desa dalam mendukung program P2WKSS dan sekolah perempuan capai impian dan cita-cita (sekoper cinta),” ujarnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan, Penandatangan Deklarasi Sekolah Ramah Anak. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share