Pacuan Kuda Tradisional VIII Meriahkan Hut ke-517 Kuningan

Kategori: 
Pacuan Kuda Tradisional

Kemeriahan HUT ke-517 Kuningan dilengkapi dengan gelaran pacuan kuda tradisonal ke-8, ribuan masyarakat tumplek untuk menyaksikan kebolehan para kusir per dokar menunggangi kuda yang biasanya beroperasi sebagai angkutan. Minggu (06/09/2015) di Arena Pacuan Kuda Jl. Dr. Ir. Soekarno. Sedikitnya 100 peserta yang terbagi dalam lima kategori dan derby berpacu memperebutkan hadiah dan trophy yang disediakan panitia. Kategori pertama diikuti para pemula dengan panjang lintasan sekitar 480 meter, sementara kelas derby menempuh jarak sekitar 700 meter dan race atau keberangkatan mencapai 35 kali dengan jumlah 4 atau 5 peserta.
 

Ketua Panitia, Drs. Asep Budi Setiawan, M.Si dalam laporannya mengatakan, selain dalam rangka memeriahkan HUT ke-517 Kuningan serta menghibur warga Kuningan, gelaran pacuan kuda juga diselenggarakan dalam upaya memelihara tradisi masyarakat Kuningan.
 

“ Pacuan Kuda tradisional ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang digelar dalam memeriahkan HUT ke-517 kuningan, selain menghibur masyarakat, pacuan kuda tradisional ini juga diharapkan dapat melahirkan atlet balap kuda profesional.”
 

Lebih lanjut, Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta menyukseskan gelaran pacuan kuda tradisional sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.
 

Sementara itu Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP, mengatakan di Kabupaten Kuningan kuda telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakatnya, mulai dari delman yang menjadi angkutan khas masyarakat Kuningan, kuda juga dapat digunakan untuk balapan pacuan kuda tradional.
 

“ Semoga kegiatan pacuan kuda tradisional ini dapat menghibur masyarakat Kuningan juga menjadi ajang seleksi bagi para atlet kuda dalam menhadapi event-event balapan kuda baik tingkat regional, nasional, maupun internasional,” ujarnya.
 

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan, Acep Purnama, MH, Ketua TP PKK, Hj. Ika Acep Purnama, Dandim 0615, Letkol CZI Dindin Kamaludin, S.IP, serta para pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan. ( Sumber : Beben, Bagian Humas Setda kabupaten Kuningan ).

Pacuan Kuda Tradisional
Share