Pantau Pilkades Serentak, Wabup Minta Jaga Kondusifitas Dan Jalankan Prokes

Kategori: 

CIAWIGEBANG,- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, didampingi Camat Ciawigebang Drs. H. Pepen Supendi, beserta jajaran Forum Koordinasi kecamatan, dan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dibeberapa desa di Kecamatan Ciawigebang, Minggu (28/11/2021) pagi.

Adapun, desa-desa yang dikunjungi Wabup diantaranya, Desa Cijagamulya, Dukuhdalem, Pamijahan, Ciawigebang, Geresik, dan Desa Pajawanlor.

Disela-sela kegiatan tersebut, Wakil Bupati meminta masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi nilai kerukunan, agar dalam pelaksanaannya, Pilkades serentak dapat berlangsung lancar dan kondusif.

“Tetap jaga kerukunan dan persaudaraan, jangan sampai ada perpecahan karena beda pilihan. Agar pelaksanaan Pilkades sebagai pesta demokrasi berjalan aman, lancar, dan kondusif,” ujar Wabup.

Selain menjaga kondusifitas, Wabup juga meminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkades serentak. “Juga, tetap disiplin jalankan protokol kesehatan Covid-19, karena Covid-19 belum berakhir, masih ada disekitar kita. Bagi yang belum divaksin, segera divaksin, supaya tidak mudah terinveksi Covid-19,” tuturnya.

Dari pantauan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuningan, dikatakan Wabup, sampai sejauh ini pelaksanaan Pilkades serentak berjalan aman dan kondusif. Untuk itu Wabup berharap, panitia Pilkades, calon Kades, dan para pendukung calon Kades, merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan Pilkades serentak.

“Namanya juga kan pesta demokrasi, jadi jangan sampai terjadi konflik. Mari bersama-sama kita laksanakan Pilkades ini dengan aman, tertib, dan penuh rasa persaudaraan. Menang dan kalah itu hal yang biasa. Yang paling penting adalah, memberikan kebahagiaan dan pembelajaran tentang demokrasi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, berdasarkan informasi yang diperoleh dari DPMD Kabupaten Kuningan, untuk Pilkades serentak tahun 2021 kali ini, dilaksanakan di 78 desa dari 29 kecamatan di Kabupaten Kuningan. Diikuti 219 calon, 190 laki-laki, dan 29 perempuan, dengan jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Strata 3.

Adapun statusnya, 45 petahana, 8 mantan kepala desa, 19 berasal dari perangkat desa, dan ada 1 desa yang semua calonnya perempuan. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share