Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan I Dan II Formasi Tahun 2019 Sekaligus Peresmian Tugu Kuningan Sajati (Santana, Basajan, Santika)

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. membuka  Pelatihan Dasar CPNS  Golongan III Angkatan I Dan II Formasi Tahun 2019 Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan Tahun 2021 bertempat di UPTD Pengelola Fasilitasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Badakepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rabu (23/6/2021).

Dikatakan Bupati, Pegawai Negeri Sipil adalah aparatur negara yang memiliki tugas, tanggung jawab yang berat, yakni sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang menjalankan fungsi untuk menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat secara berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka mewujudkan tujuan nasional, khususnya Visi Kabupaten Kuningan Maju (Makmur, Agamis Dan Pinunjul).

“Berkenaan dengan ini, saya minta kepada saudara-saudara kiranya dapat mengikuti Latsar ini dengan sungguh-sungguh, berdisiplin dan penuh perhatian, dari awal hingga akhir, agar saudara berhasil dengan baik dan dinyatakan lulus mengikuti pelatihan dasar,” imbuhnya.

Kemudian, Bupati menjelaskan bahwa, ketentuan dan kualifikasi  bagi CPNS yang harus dipenuhi untuk dapat diangkat sebagai PNS sesuai PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN antara lain pasal 34 ayat (1) sampai (5), yakni pertama, CPNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun, kedua masa percobaan yang dimaksud ayat (1) merupakan masa pelatihan dasar, ketiga masa pelatihan dasar meliputi proses pelatihan, keempat proses pelatihan dasar dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme, serta kompetensi bidang, kelima pelatihan dasar hanya dapat diikuti satu kali.

“Dengan begitu sebagai seorang aparatur negara harus memiliki jiwa sajati, santika, peduli terhadap lingkungan, perlu saya informasikan di Kabupaten Kuningan memiliki kegiatan APEL (Aparatur Peduli Lingkungan). Kegiatan aparatur peduli lingkungan telah berperan aktif dalam konservasi lingkungan dalam kurun waktu tahun 2010 sampai dengan tahun 2021 melalui penanaman bibit pohon, pelepasan satwa burung, penebaran benih ikan, dan pengadaan tempat sampah,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kuningan, Drs. H.Nurahim, M.Si. , menyampaikan bahwa, tujuan terselenggarakannya kegiatan pelatihan dasar dimaksud, agar peserta memiliki integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

“Sehingga dapat terpeliharanya sumber daya lingkungan serta terwujudnya lingkungan yang lestari sesuai dengan misi kelima kabupaten kuningan,” tuturnya.

Kemudian menurut laporannya, CPNS golongan III angkatan I dan II sebanyak 66 (enam puluh enam) orang, hadir sebanyak 15 (lima belas) orang dan sisanya mengikuti secara virtual/zoom meeting.

Kegiatan tersebut juga sekaligus, peresmian Tugu Kuningan Sajati (Santana, Basajan, Santika) oleh Bupati Kuningan, bertujuan untuk, abdi negara dan abdi masyarakat dengan memiliki nilai-nilai sajati, yang wajib dimiliki oleh semua pegawai yang nantinya diimplementasikan dalam tugas keseharian di unit kerja masing-masing.

“Tugu ini dibuat untuk selalu mengingat kepada diri kita, agar kita tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai kesejatian selaku aparatul sipil pemerintahan, dimana dengan jiwa karakter yang sajati ini, tentu yang diharapkan masyarakat,” ungkap Bupati. (BID/IKP/DISOMINFO)

 

Share