Pemda Kuningan Kembali Kucurkan Dana Bantuan Untuk Desa

Kategori: 

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) mengucurkan dana bantuan rehabilitasi pembangunan Kantor Desa bagi 48 Desa dalam Kabupaten Kuningan. Penyaluran alokasi dana bantuan rehabilitasi pembangunan Kantor Desa tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Linggajati Setda Kabupaten Kuningan, (04/01/2012) yang dihadiri langsung Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, serta turut menghadiri Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD), Drs. H. Kamil Ganda Permadi, MM, 27 Camat serta 48 Kepala Desa yang menerima bantuan.

Drs. H. Kamil Ganda Permadi, MM, dalam laporannya mengatakan maksud dari pemberian dana bantuan agar terwujudnya Kantor Desa yang refresentatif sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan secara efektif, efisien dan optimal.
Sedangkan tujuannya sendiri diperuntukkan bagi menunjang optimalisasi pelayanan publik dari Aparatur Pemerintah Desa, meningkatkan fungsi dan peranan kelembagaan aparat desa sebagai pengelola pembangunan desa selain itu juga dana bantuan ditujukan bagi pengembangan dan menggali partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pembangunan.
Sementara itu dalam sambutannya Bupati Aang berharap bantuan ini senantiasa dijadikan motivasi bagi desa untuk terus aktif dalam menggerakkan partisipasi dan swadaya masyarakat terutama dalam upaya membangun desa serta dapat dipergunakan dengan baik sesuai dengan perencanaan.
Menurutnya, untuk menjamin kelancaran pelaksanaan kegiatan rehabilitasi atau pembangunan harus disertai pelaksanaan kegiatan sesuai rencana yang telah ditetapkan dengan melibatkan pihak-pihak terkait.
“ Perencanaan merupakan hal penting dalam pelaksanaan kegiatan disamping itu pengelolaan administrasi keuangan yang tertib dan transparan serta  laporan pelaksanaan kegiatan diperlukan untuk menghindari permasalahan dikemudian hari,” tandasnya.
Lebih lanjut, Ia, mengatakan pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan penghargaan kepada Pemerintah Desa dan masyarakat yang mempunyai kemauan keras dalam membangun desa melalui kegiatan pembangunan dan rehabilitasi Kantor Desa yang dilaksanakan secara bersama-sama melibatkan lembaga-lembaga yang ada di Desa dan seluruh komponen masyarakat.
Bupati Aang menekankan pembangunan Desa merupakan basis keberhasilan pembangunan daerah sehingga berbagai upaya dilakukan dalam memacu perkembangan desa, berbagai fasilitas dihadirkan dengan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“ Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Desa yang berhubungan langsung dengan masyarakat senantiasa meningkatkan komunikasi serta koordinasi pada semua tingkatan dan merapatkan kebersamaan untuk menjamin kesinambungan penyelenggaraan pemerintah dan juga pembangunan yang tentunya diperuntukkan bagi kesejahteraan masyarakat,” pintanya. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

 
Share