Pemerintah Kabupaten Kuningan, Peringati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2014

Kategori: 

Hari Kebangkitan Nasional 2014 tahun ini tepat 106 tahun sejak 20 Mei 1908 atau berdirinya Boedi Oetomo. Sebuah masa dimana bangsa ini siuman dari pingsan berkepanjangan untuk bangkit rasa dan semangat persatuan, kesatuan, serta nasionalisme untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Masa Kebangkitan Nasional ditandai dengan dua peristiwa penting. Selain berdirinya Boedi Oetomo, satu momen lain yakni ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Sejumlah tokoh sentral yang mempelopori Kebangkitan Nasional seperti Sutomo, Ir. Soekarno, Dr. Tjipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker, dan lainnya.

Di momen bersejarah Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui PHBN, kembali menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Harkitnas tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan Selasa (20/05) di halaman Pandapa Paramarta itu, diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari unsur TNI, Polri, PNS dilingkup Pemerintahan Kabupaten Kuningan, pelajar, mahasiswa dan veteran.
Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, selaku Inspektur Upacara pada kegiatan tersebut, mambacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring. Dalam sambutannya Tifatul mengatakan, sejalan dengan semangat dan jiwa kebangkitan nasional tersebut, maka peringatan hari kebangkitan nasional ke-106 tahun 2014 ini mengambil tema  “maknai kebangkitan nasional melalui kerja nyata dalam suasana keharmonisan dan kemajemukan  bangsa”, tema ini mengandung tiga makna yang sekaligus menjadi instrumen ukuran sejauh mana nilai-nilai nasionalisme terimplementasi dalam karsa, cipta dan karya kekinian kita secara nyata. Artinya, nasionalisme bukan sekedar diskursus  dan wacana yang sorak-sorai, makna nasionalisme kekinian bukan lagi kamuflase kerinduan romantisme perjuangan masa lalu. Tetapi bagaimana kita mengimplementasikan romantisme perjuangan tersebut kedalam pola pikir, pola sikap dan perilaku kebangsaan selaras dengan tuntutan zaman.
Selanjutnya Tifatul melalui Bupati Kuningan mengajak, dengan semangat dan makna peringatan hari kebangkitan nasional tahun 2014 ini, untuk berani melakukan evaluasi diri, semangat  bagi penguatan komitmen seluruh komponen dan potensi bangsa dalam membangun indonesia kedepan yang lebih baik.
Tampak Hadir pada upacara tersebut, Wakil Bupati Kuninga, Ketua DPRD, Forum Komunikasi Perangkat Daerah Kab. Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah Kab. Kuningan, Dandim 0615, para Staff Ahli Bupati, Kepala SKPD dilingkup Pemerintahan Kab. Kuningan dan sejumlah undangan lainnya. ( Sumber : YS, Bidang Komunikasi Diskominfo Kabupaten Kuningan ).

Share