Pemkab Kuningan Berkomitmen Pendistribusian LPG 3Kg Tepat Sasaran

Kategori: 

KUNINGAN,- Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. membuka acara Forum Group Discussion (FGD) Liquid Petroleum Gas (LPG) 3 Kg Kabupaten Kuningan Tahun 2021  di Lembah Ciremai Restaurant, Kamis (23/12/2021). Dengan mengusung tema “Pentingnya Pengendalian Ketersediaan Pasokan, Distribusi dan Ketepatan Penerapan Harga LPG 3 Kg dalam membantu Program Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Kuningan”.

Pada kesempatan ini, Sekda berharap dengan kegiatan FGD dapat mendapatkan informasi yang lebih akurat sekaligus sepakat dan berkomitmen untuk saling membantu mengendalikan ketepatan pendistribusian LPG 3 Kg dalam rangka membantu menanggulangi kemiskinan di kabupaten kuningan,” ujarnya.  

“LPG 3 Kg merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat menunjang bagi kehidupan sehari-hari untuk Masyarakat, maka itu harus adanya komitmen yang tepat dalam pendistribusiannya,” ujarnya.  

Sebagaimana diketahui, kata sekda bahwa wacana pemerintah merubah skema subsidi energi, khususnya LPG  3 Kg mulai 2022 nanti, dari berbasis komoditas menjadi berbasis orang pada tahun 2022, sehingga akan dilakukan distribusi secara tertutup. artinya, subsidi akan diterima langsung oleh individu bersangkutan dengan mengacu Pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).  

“Hal tersebut merupakan langkah yang sangat tepat, karena dapat meningkatkan akurasi penerimaan bantuan subsidi yang memang menjadi hak bagi masyarakat, sekaligus menghilangkan kecurangan dalam pemanfaatan LPG 3 Kg,” ujarnya.

Sementara, Ketua Penyelenggara Aries Susandi, St, M. Si. menyampaikan peserta FGD ini sebanyak 150 orang, terdiri dari unsur SKPD terkait. Pertamina, serta agen dan pangkalan LPG 3 Kg di Kabupaten Kuningan.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Semoga FGD ini menjawab topik pembahasan yang diangkat melalui informasi yang dibagikan peserta dalam menanggapi fenomena yang terjadi serta wacana terkait LPG 3 Kg,” imbuhnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share