Pemkab Kuningan Memperkuat Komitmen KTR

Kategori: 

KUNINGAN,- Kawasan Tanpa Rokok (KTR) untuk memberikan perlindungan kepada para perokok pasif dari bahaya asap rokok dan memberikan ruang yang sehat bagi masyarakat serta melindungi kesehatan masyarakat umum dari dampak buruk rokok.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. pada saat menjadi Narasumber Kegiatan Sosialisasi/Kampanye Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di wilayah Kabupaten Kuningan yang ditandai dengan Penandatangan Komitmen KTR, Kamis (23/12/2021) di salah satu Hotel Kuningan.

Dalam kesempatan ini, Sekda menegaskan bahwa perlu adanya penguatan kerangka regulasi sebagai salah satu upaya yang dapat ditempuh secara efektif dan sistematis untuk melindungi masyarakat dari paparan terhadap asap rokok dan terhadap produk tembakau.

Guna memperkuat kerangka hukum terhadap regulasi yang sudah ada, kata Sekda, DPRD Kabupaten Kuningan mengesahkan peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

“Perda ini akan berjalan apabila dapat didukung oleh semua pihak, semoga tujuan akhir dari kegiatan sosialisasi ini dapat membuat komitmen bersama dalam implementasi Perda Nomor 1 Tentang KTR, juga meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan perda ini sebagaimana telah dituangkan dalam Peraturan Bupati Kabupaten Kuningan Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Pengawasan dan Pengendalian KTR,” jelasnya.

Kemudian, Sekda juga menjelaskan bahwa asap rokok menjadi resiko kesehatan bagi mereka yang perokok atau yang perokok pasif, karena perokok pasif diketahui dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit gangguan pernapasan.

“Untuk mengendalikan hal tersebut, Pemerintah mengeluarkan Peraturan tentang Pengamanan rokok bagi kesehatan yang diarahkan untuk menurunkan jumlah perokok, baik aktif maupun pasif, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Dengan begitu Pemerintah Daerah juga wajib mewujudkan KTR,” ungkapnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share