Penganugerahan Pegiat Literasi, Tingkatkan Budaya Literasi Masyarakat Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN,- Perpustakaan  merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa, juga mempunyai peran penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan  bagi para  pemustaka.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. pada saat launching Perpustakaan Digital “E-Pusdaku” Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Kuningan dan Layanan Pocadi (Pojok Baca Digital) Area Taman Kota dan penyerahan Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca Tahun 2021, Jum’at (17/12/2021). Dengan mengusung tema “Penganugerahan Pegiat Literasi Bagi Masyarakat Kabupaten Kuningan Menuju Kuningan “Maju” Ma’mur Agamis Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023”

“Salah satu inovasi yang telah dibuat oleh Perpustakaan Umum Daerah  adalah mewujudkan perpustakaan digital  berbasis android (e- library) yang terhubung dengan  jaringan internet yang akan diterapkan di 376  desa , dengan nama domain epusdaku.com, semoga inovasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Kuningan,” ungkapnya.

Kemudian, diterangkannya bahwa hari ini pemerintah kabupaten kuningan akan memberikan penghargaan dan penganugerahan sebuah prestasi kolaborasi literasi kepada pegiat literasi atau masyarakat yang memiliki kemampuan mengembangkan dalam berbagai bidang literasi di Kuningan. 

“Saya selaku Bupati Kuningan mengucapkan selamat atas prestasi-prestasi literasi masyarakat berupa pemberian penghargaan budaya gemar membaca yaitu Anugerah Parasamya Pustakaloka dan Pustaka Kerta, Juara Keluarga Literasi, Juara Perpusdes Tingkat Nasional, Juara Duta Baca Anak, Duta Pelajar dan Duta Dewasa. semoga prestasi-prestasi bidang perpustakaan tersebut tadi bisa menjadi motivasi bagi pribadinya maupun masyarakat kuningan umumnya,” ungkapnya. 

Diketahui pada kegiatan ini juga sekaligus Pelantikan Bunda Literasi Desa/Kelurahan Oleh Bunda Literasi Kecamatan.

“Semoga setelah pengukuhan ini, adanya kegiatan sosialisasi Bunda Literasi Kecamatan Maupun Desa/Kelurahan sehingga kegiatan literasi bisa dirasakan manfaatnya untuk kehidupan lebih sejahtera,” ungkap Bunda Literasi Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama.

Selanjutnya, pihaknya menyampaikan, “terima kasih yang sebesar besarnya kepada kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan yang selalu menjalin kerjasama serta koordinasi untuk pengembangan literasi dengan program TP PKK Kabupaten Kuningan selama dengan sangat baik. Kedepan kita tingkatkan lagi kegiatan-kegiatan dengan TP PKK Kabupaten Kuningan supaya gerakan kita lebih masif dan terstruktur,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan Drs. Dudy Budiana, M. Si. menyampaikan jumlah Peserta penganugerahan pegiat literasi Kabupaten Kuningan tahun 2021 yakni, Anugerah Parasamya Pustaka Kerta Sebanyak 6 orang pegiat, Parasamya Pustaka Lokal Sebanyak 4 komunitas, Juara Lomba Keluarga Literasi Sebanyak 4 Keluarga, Juara Lomba Duta Baca Anak TK Kabupaten Kuningan, Juara Lomba Duta Baca Pelajar  SLTP dan SLTA TK Kabupaten Kuningan, Juara Lomba Duta Baca Dewasa Tk Kabupaten Kuningan dan Bunda Literasi Kecamatan Sebanyak 32 Orang.

“Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi/penghargaan kepada penggiat literasi/penulis yang telah menggelorakan semangat berliterasi kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Kuningan dan umumnya penggiat literasi di Indonesia. Semoga para pegiat literasi terus bersemangat untuk meningkatkan inovasi dan kolaborasi dalam kegiatan literasi kepada masyarakat secara masif dan secara struktural di Kabupaten Kuningan,” ungkapnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

 

Share