Pengukuhan Paskibra Kabupaten Kuningan, Pesan Bupati Kepercayaan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan, karena tidak setiap siswa mampu menjadi anggota Paskibra

Kategori: 

Kuningan ,- Pengukuhuan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Kuningan Tahun 2021 dilakukan secara langsung oleh Bupati Kuningna, H. Acep Purnama, SH., MH. Senin (16/8/2021) Sore, bertempat di Pendopo Kabupaten Kuningan.

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan bahwa,  sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka mempunyai tanggung jawab yang berat, esensi merah putih dalam bendera negara, menurutnya memiliki makna yang cukup luas, di dalamnya terkandung nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Serta keanekaragaman budaya dalam wilayah negara kesatuan Republik Indonesia, yang harus senantiasa dikibarkan dan diimplenmentasikan dalam sikap kehidupan sehari-hari.

“Jika sikap seperti itu dimiliki oleh setiap generasi muda, kita yakini kita akan menjadi generasi unggul yang memiliki kompetensi tinggi dan akan mampu membawa pencerahan dalam proses kelangsungan pembangunan bangsa menuju suatu tatanan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya menyampaikan, kepada orang tua anggota paskibraka yang hadir melalui virtual pada sore ini, kiranya patut bersyukur dan berbangga hati memiliki putra-putri terbaik yang tergabung dalam anggota Paskibraka, karena selama mengikuti pusdiklat banyak perubahan dan pengalaman yang didapatkan baik dalam hal disiplin, tanggung jawab kepemimpinan, maupun berbagai pengetahuan tentang wawasan kebangsaan.

“Kepada seluruh anggota paskibraka saya minta, modal dasar yang telah dimiliki dari hasil proses pelatihan hendaknya dijadikan motivasi untuk mengembangkan seluruh potensi diri, sehingga mampu menjadi sumber daya manusia unggul yang berguna bagi kepentingan pembangunan daerah Kabupaten Kuningan khususnya dan pembangunan bangsa indonesia pada umumnya,” tuturnya.

Kemudian, pihaknya juga mengucapkan selamat kepada Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Kepercayaan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan, karena tidak setiap siswa mampu menjadi anggota paskibraka.

“Saya merasa bangga adik-adik telah menunjukkan nilai-nilai kedisiplinan yang tinggi mulai dari tahapan seleksi, latihan, hingga barusan kita saksikan bersama telah dikukuhkan sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2021, walaupun saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19, di mana pelaksaan upacara juga harus sesederhana mungkin sehingga berpengaruh pada prosesi pengibaran bendera, yang biasanya dilakukan oleh seluruh anggota  paskibraka, namun di tahun lalu dan tahun ini hanya 3 orang yang berperan untuk mengibarkan bendera merah putih, namun saya harap hal ini tidak menjadi alasan untuk melunturkan semangat adik-adik sekalian. Bagaimanapun adik-adik adalah orang-orang terpilih dari ribuan anak-anak di luar sana. Saya yakin bahwa melalui seluruh rangkaian proses pelatihan dan pembinaan selama ini pada intinya diarahkan untuk membangun jati diri sosok pemuda indonesia yang diharapkan mampu menjadi pelopor, penggerak, dan pembaharu dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Kuningan, H. M.Ridho Suganda, SH., MSI. , Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, MSI. , Dandim 0615 Kuningan, Letkol Czi David Nainggolan, S.T. , Kaplores Kuningan, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, Wakil Ketua DPRD Kuningan, H. Dede Ismali, S. Ip. , Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, L. Tedjo Sunarno, SH., MH. , dan Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Febri Purnamavita, SH., MH. (BID/IKP/DISKOMINFO). 

 

 

 

 

Share