Penyerahan Bantuan Operasional Lembaga Pemerintahan Desa dan kemasyarakatan Desa

Penyerahan Bantuan Operasional

Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) menggelar kegiatan Penyerahan Dana Bantuan Stimulan RT/RW, BPD, LPM dan Perangkat Desa se-kabupaten Kuningan, bertempat di Aula BJB Kuningan, Selasa/21 juli 2014. Dalam Laporannya Ketua penyelenggara  Ahmad Faruq mengatakan maksud kegiatan sebagai wujud perhatian Pemkab Kuningan terhadap upaya peningkatan fungsi-fungsi lembaga Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.Tujuan adalah untuk membantu kelancaran operasional Lembaga Pemerintahan Desa dan Kemasyarakatan yang ada di Desa/Kelurahan, memberikan motivasi untuk meningkatkan peran dan fungsi masing-masing lembaga.

Kegiatan bertajuk Penyerahan Bantuan Operasional Lembaga Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan. Jenis bantuan yang diserahkan Stimulan Operasional bagi Kepala Desa dan perangkat Desa, Stimulan Operasional Badan Permusyawaratan Desa, Stimulan Operasional RT/RW yang ada di Desa /Kelurahan, Stimulan Operasional LPM Desa/Kelurahan. Peserta Pertemuan tersebut terdiri dari Camat se-Kabupaten Kuningan, Kasi pemerintahan se-Kabupaten Kuningan, Perwakilan para Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua RT/RW dari masing-masing Kecamatan dengan jumlah 160 orang. 
 
Bupati Kuningan Hj.Utje Ch Hamid Suganda dalam sambutannya mengatakan bahwa peran dari RT/RW dan LPM mempunyai arti yang strategis dalam membantu implementasi kebijakan dan program pemerintah dengan demikian dengan segala keterbatasan kemampuan anggaran, Pemkab Kuningan senantiasa berupaya memberikan stimulan untuk menunjang pelaksanaan tugas dan itupun dalam jumlah yang belum sepadan dengan beban dan tanggung jawab semua pihak terkait yang telah peduli untuk memajukan desa. Hal tersebut merupakan bentuk perhatian dari Pemkab Kuningan dan diharapkan menjadi stimulus bagi semua untuk mengabdikan diri kepada masyarakat karena keberhasilan pembangunan desa , salah satunya ditentukan oleh pola pikir masyarakat yang dimotivasi oleh para tokoh masyarakat dalam merespon setiap kebijakan pemerintah dari kehendak masyarakat. Bupati pun mengharapkan agar para Camat mau turun ke bawah untuk melihat apa saja yang terjadi di masyarakat dan untuk disampaikan kepada Bupati serta menegaskan pentingnya sinergitas dalam pemerintahan. Dan Desa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kabupaten yang merupakan  sub sistem dari Pemerintah Daerah . Saling mengisi dan mendukung serta bangun komunikasi yang baik antara Desa dengan Pemerintah daerah pesan Bupati mengakhiri sambutannya. 
 
Ikut mendampingi Bupati dalam penyerahan secara simbolis bantuan stimulan tersebut Kepala Dinas BPMD Kuningan Drs.Deniyawan,M.si.  ( Sumber : My, Bidkom Diskominfo Kuningan ). 

Share