Penyerahan Bantuan Stimulan Rutilahu dan Modal Usaha Kube FM

Kategori: 

K3S Kabupaten Kuningan menyerahkan bantuan dana stimulan rumah tidak layak huni bagi 10 orang warga tidak mampu dan penyerahan modal usaha bagi 10 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Fakir Miskin (FM), Rabu 16 Mei 2012 bertempat di Sekretariat K3S Kabupaten Kuningan. Kegiatan ini merupakan implementasi dari program kerja K3S Tahun 2012 sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Kuningan. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan, Asisten Daerah II Setda Kabupaten Kuningan, serta seluruh jajaran pengurus K3S Kabupaten Kuningan.

Tujuan utama dari pemberian bantuan stimulan rumah tidak layak huni ini adalah  untuk merehabilitasi rumah warga yang dipandang sudah tidak layak untuk dihuni. Bagi setiap rumah, bantuan stimulan dari K3S Kabupaten Kuningan berjumlah Rp.3.000.000,- per kepala keluarga. Kendati jumlahnya relatif kecil, namun bantuan dimaksud dapat dijadikan  rangsangan bagi Pemerintah Desa untuk mampu menggali potensi dan kebersamaan serta kepedulian kepada warganya yang dianggap kurang mampu.
Ketua K3S Kabupaten Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda, S.Sos menambahkan dengan adanya program stimulan rutilahu ini pada intinya mencoba memberdayakan masyarakat karena pada dasarnya masyarakat mempunyai peran yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Peran ini dapat dilakukan oleh perseorangan, keluarga, organisasi keagamaan, organisasi sosial kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi propesi, badan usaha, lembaga kesejahteraan sosial dan lembaga kesejahteraan asing. K3S sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Kuningan berupaya mengkoordinasikan seluruh potensi sumber kesejahteraan sosial dimaksud untuk satu visi dan misi mendukung program pemerintah salah satunya program stimulan rutilahu.
Sementara program stimulan modal usaha bagi KUBE FM dengan nilai bantuan Rp.1.000.000,- per KUBE bertujuan bahwa program ini adalah sebuah upaya yang diarahkan untuk menjadikan masyarakat yang mengalami masalah sosial mempunyai daya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan dasarnya dengan tidak menjadi beban orang lain. Program ini dimaksudkan untuk pertama memberdayakan seseorang, keluarga, kelompok, dan masyarakat yang mengalami masalah kesejahteraan sosial agar mampu memenuhi kebutuhanya secara mandiri, dan kedua meningkatkan peran serta lembaga atau perseorangan sebagai potensi dan sumberdaya dalam penyelenggraan sosial.
Sementara itu salah seorang penerima bantuan  Kube, Buhe Jaya Cellular yang bergerak di bidang jual beli hp bekas keliling mengatakan, memberikan apressiasi kepada K3S Kuningan yang telah memiliki kepedulian terhadap masalah sosial. Kelompok kami  tidak melihat besar kecilnya yang diberikan, karena masalah ini tergantung bagaimana kita mengolah uang yang diberikan supaya lebih bermanfaat dan memiliki nilai tambah.
Lain lagi diungkapkan salah seorang penerima bantuan Rutilahu, Enah asal Desa Cikadu, dengan adanya bantuan Rutilahu sangat terharu, rumah yang semula sangat memperihatinkan dalam waktu dekat akan dibangun. Terlebih lagi masyarakat setempat siap membantu.
Data KUBE FM Penerima Dana Stimulan Modal Usaha : Paguyuban Pedagang Koran Kuningan (PAGER) Kelurahan Cijoho Kec. Kuningan, Warkopmie Pakembangan Desa Pakembangan Kec. Garawangi, Gorengan Garawangi Desa/Kec. Garawangi, Maryadi (Bisnis Domba) Desa Cibeureum Kec. Cilimus, Buhe Jaya Cellular (jual beli hp bekas) Kel/Kec. Kuningan, Bani Karim (Kantin Sekolah) Desa Mekarjaya Kec. Pancalang, Nina Home Industri Keripik Kel. Cirendang Kec. Kuningan, Warung Nasi NR Desa Cikadu Kec. Nusaherang, Warung Barabadan Ceu Idas Kel. Purwawinangun Kec. Kuningan, Sri Asih (Makanan Ringan/kue) Kel/Kec. Cigugur. Sedangkan Penerima Rutilahu Tahun 2012 Dari K3S Kabupaten Kuningan : Djasih Desa Dukuh Lor Kec. Sindangagung, Sono Desa Sayana Kec. Jalaksana, Sarimah Desa Pagundan Kec. Lebakwangi, Murhadi Desa Tarikolot Kec. Pancalang, Juli Desa Pakembangan Kec. Garawangi, Rasimin Desa Sangkanhurip Kec. Cigandamekar, Enah Desa Cikadu Kec. Nusaherang, Hartono Desa Cilaja Kec. Kramatmulya, Titin Kel. Purwawinangun Kec. Kuningan, Rudianto Desa Ciasih Kec. Nusaherang. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share