Perang Lawan Narkoba, BNN Kerjasama Dengan Diskominfo

Kategori: 

KUNINGAN,- Upaya terciptanya Kuningan yang aman dan bersih dari penyalahgunaan Narkoba, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si melakukan koordinasi bersama Kantor BNN (Badan Narkotika Nasional) Kabupaten Kuningan dengan Penandatanganan Kerjasama Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rabu (29/12/2021).

Kegiatan ini bermaksud untuk mewujudkan Kuningan Bersih Narkoba (KUNINGAN BERSINAR), Kecamatan Bersih Narkoba, Desa Bersih Narkoba sehingga terwujud Indonesia Bersih Narkoba (INDONESIA BERSINAR)

Kadis Kominfo menyampaikan, Kampanye Anti Narkoba bisa dilakukan melalui berbagai macam metode, salah satunya melalui media. Pesatnya perkembangan media diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dimasyarakat. Penggunaan media menjadi salah satu langkah yang tepat dalam melakukan kampanye bahaya penyalahgunaan narkoba di zaman sekarang ini.

“Upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tidak bisa hanya dilaksanakan oleh satu pihak saja, tetapi harus dilakukan secara terintegrasi dan berkesinambungan, serta membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Media sebagai salah satu sarana Komunikasi berperan dalam penyebaran berita/informasi yang dapat menjangkau seluruh masyarakat,” ucap Kadis Kominfo

Lanjutnya, demokrasi media dalam pemerintahan mempunyai peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Peranan tersebut meliputi mengedukasi masyarakat dan merupakan bagian dari sistem check and balance serta early warning system.

Peranan media dalam penyebaran P4GN meliputi sosialisasi dan edukasi bahaya penyalahgunaan, peredaran gelap narkoba sesuai segmentasi pembaca, berita dan informasi terkait dampak buruk penyalahgunaan narkoba, serta informasi penegakan hukum.

Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan amanah Inpres No.2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Pemberantasan Penyalahguna dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika

Sementara Kepala BNN Kuningan AKBP Yaya Satyanagara, SH.  mengucapkan, “sinergitas harus tetap terbangun untuk mewujudkan Indonesia Bersinar, Pemberantasan penyalahgunaan Narkoba tidak hanya BNN saja yang bergerak tapi memerlukan sinergitas antar lembaga termasuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Langkah menjalin kerjasama ini tidak hanya sekali tapi sudah dilakukan ke berbagai SKPD lainnya di Kabupaten Kuningan, Kegiatan berlangsung di kantor Kepala Diskominfo dan disaksikan oleh Tim dari Diskominfo dan BNNK Kuningan Hari Rabu, 29 Desember 2021, Kegiatan berlangsung lancar dan aman.

Sesuai Perintah Bapak Bupati Kuningan Atas Perintah Bapak Wakil Presiden pada Bulan Juli kemarin saat Keprihatinan HANI (Hari Anti Narkotika Internasional) untuk Menjadikan Indonesia Bersih Narkoba.

“Tidak bisa seratus persen bisa di selesaikan pemberantasan Narkoba ini, tetapi setidaknya dengan semangat dan niat tulus ini, kita menang dalam pendataan dan Sinergitas Kerjasama kita di kabupaten Kuningan sudah terlihat,“ ujarnya.

Bahkan Kepala BNNK akan mengadakan Coffee Morning setiap 1 bulan sekali demi terjalinnya kerjasama dan saling tukar informasi terkait keadaan dan Kondisi di Kabupaten Kuningan.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kabid IKP Anwar Nasihin, S. Kom., M. Si. , Kasubbag Umum Agus Mulya, S.Pd., M.Si. , Kasi Analis Neni Betty Roslindawati, S.Kom.,M.Si., Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Dedi Nuryadi, SE. , Koordinator Pemberantasan Ade Mochamad Friadi, SE. dan Koordinator Rehabilitasi Asep Syaripudin,S.STP. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share