Peringatan Harganas Ke-XXI Kabupaten Kuningan

Kategori: 
Peringatan Hari Keluarga Nasional

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXII Tingakat Kabupaten Kuningan tahun 2015 yang dihadiri oleh Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, H. Yosep Setiawan, Kepala BKBPP Kabupaten Kuningan serta para undangan. Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, H. Yosep Setiwan selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan digelarnya acara tersebut adalah sebagai upaya guna merevitalisasi kembali nilai-nilai fungsi keluarga dalam membentuk ketahanan keluarga yang handal dalam mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera” acara ini diikuti lebih dari 700 peserta yang terdiri dari pimpinan daerah, SKPD serta para pelaku/penggiat dibidang keluarga berencana, pendidikan, pemberdayaan lansia dan pencegahan bahaya narkoba serta HIV/AIDS”.
 

Penghargaan dari Bupati Kuningan kepada para pelaku/penggiat program KB, pendidikan, kesehatan, lansia dan gerakan anti narkoba diantaranya kepada H. Aang Hamid Suganda sebagai tokoh Kependudukan, KB dan Kesehatan, H. Momon Sudirman dan H. Insan Haerudin, untuk H. D. Djuahari dan H. Hasan Sutardi, MPd sebagai lansia produktif ada juga Kenny Misnanin rehabilitasi sosial pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba dan masih banyak lagi penghargaan yang diberikan pada totokh-tokoh yang berjasa. Dalam kesempatan tersebut juga ada testimoni dari mantan penyandang masalah narkoba dan  penyandang masalah HIV/AIDS.
 

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda merasa gembira dan sangat menyambut baik pada kegiatan Harganas tersebut. Menurut Bupati Kuningan acara yang mengambil tema Mulai dari keluarga kita bangun karekter bangsa tersebut menunjukan bahwa pentingnya peranan  keluarga dalam membangun karakter bangsa “ keluarga sebagai wahana yang pertama dan utama dalam pembangunan karena itu, Pemerintah Kabupaten Kuningan berkomitmen untuk  menjadikan keluarga sebagai obyek dan subyek pembangunan karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat dan sebagai wahana untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka keluarga harus dilandasi oleh landasan dasar agama, pendidikan, kesehatan, kasih sayang, rasa tentram dan saling memiliki semua itu berawal dari keluarga masing-masing. Negara akan kuat dan berkarakter bilamana keluarga yang kuat, sehat dan sejahtera”
 

Bupati Kuningan Juga mejelaskan bahwa membangun karekater anak serta memperkuat nilai-nilai kebangsaan sejak usia dini termasuk dapat menghargai lansia, namun kondisi keluarga di Kabupaten Kuningan belum semuanya memiliki kualitas yang memadai untuk memenuhi hak dan memberikan perlindungan kepada anak. “ Banyak keluarga yang belum memenuhi peran, tugas dan kewajiban sebagai orang tua untuk memenuhi hak-hak anaknya. Bahkan fenomena anak yang menjadi korban kekerasan, eksploitasi, dan diskrimininasi yang dilakukan oleh orang dewasa bahkan oleh orang tuanya sendiri makin meningkat,” kata Bupati Kuningan.
 

Dalam acara Harganas tersebut juga dimeriahkan oleh pertunjukan kesenian sunda dari Barakatak Group dan Asep Darso, selain menghibur mereka juga memberikan pesan-pesan moral yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan dan agama ( Sumber : YHNS, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Peringatan Hari Keluarga Nasional
Peringatan Hari Keluarga Nasional
Share