Peringatan Hari Guru Nasional Dan HUT PGRI Yang Ke 76, Bupati : Tanpa Guru Kita Tidak Akan Menjadi Apa-Apa

Kategori: 

Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menghadiri acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke-76 tahun 2021 di Aula SMKN 1 Kuningan, Sabtu (27/11/21). Hadir mendampingi Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si. dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar.

Dadi Hernadi, S.Pd  selaku Ketua Panitia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kuningan yang telah hadir dalam kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 dan HUT PGRI ke 76 di Kabupaten Kuningan. Dalam keterangannya kegiatan peringatan Hari Guru Nasional mengangkat tema “ Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” dengan tujuan memperkokoh soliditas, dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI sebagai organisasi Profesi guru serta meningkatkan profesionalisme, kreativitas, inovasi, kepedulian dan dedikasi guru dalam menjalankan tugas profesionalismenya mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya Generasi Emas Indonesia tahun 2045. Kegiatan ini ucapnya, terselenggara atas dukungan semua pihak termasuk pengurus cabang di kecamatan dan kabupaten. Diakhir laporan Ia mengatakan akan dilakukan kegiatan pemberian Anugerah Guru Berdedikasi Tahun 2021, Penyerahan Bantuan Dana Pendidikan Untuk 32 Siswa, Launching Buku “Kisah Inspiratif”, Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) PGRI dengan Disdikbud dan Kejaksaan Negeri Kuningan serta MOU PGRI dengan Baznas Kabupaten Kuningan.

Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, H Pipin Mansur Arifin, M.Pd juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 76 di Kabupaten Kuningan. “PGRI lahir pada tanggal 25 November 1945 setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. PGRI sebagai mitra strategis pemerintah, berjuang secara konsisten dalam meningkatkan mutu pendidikan, Peran guru tidak bisa digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Dan sebagai penghormatan Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1964, menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan selalu diperingati setiap tahunnya” jelasnya.

Sementara itu Bupati Acep merasa sangat bangga bisa hadir di tengah-tengah para guru dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke 76. “Hari guru adalah hari yang sangat bermakna bagi seluruh insan manusia, tanpa guru kita tidak akan menjadi apa-apa. Dan saya berdiri di sini juga berkat jasa para guru-guru yang telah mendidik saya selama ini” ucap Bupati.  Pendidikan adalah kebutuhan dasar dari semuanya. Kalau sektor pendidikannya bagus, Kabupaten Kuningan akan bangkit dari segala lini.  Bupati mengajak semua pihak, perayaan Hari Guru Nasional ini dijadikan momentum dalam membangkitkan semangat dunia pendidikan di Kabupaten Kuningan, untuk menuju Kuningan sebagai kabupaten Pendidikan. 

Di akhir sambutan Bupati berharap kepada para guru untuk menjadi pendidik, bukan hanya sebagai pengajar. Mendidik dan membentuk akhlak para murid dan generasi penerus bangsa. “Harapan saya bapak ibu bisa menjadi pendidik yang baik, mudah mudahan jasa bapak dan ibu semuanya dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT. Melalui tema, Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, Bupati Acep mengajak seluruh guru di Kabupaten Kuningan menjadi pembelajar sejati, sehingga kehadiran guru tetap relevan sepanjang waktu termasuk ketika memasuki era super smart society (society 5.0). Sebab, banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan di era society 5.0 termasuk oleh satuan pendidikan sebagai garda terdepan mempersiapkan SDM unggul. (Bid IKP/Diskominfo)

Share