Peringatan Hari Pramuka ke-60, Bupati Sematkan Penyematan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Dan Penyematan Tanda Pramuka Garuda Tahun 2021

Kategori: 

Kuningan ,- Peringatan Hari Pramuka ke-60 di Kabupaten Kuningan dengan tema “Berbakti Tanpa Henti” ditandai dengan Penyematan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan selaku Sekretaris Mabicab Gerakan Pramuka, Dr H. Dian Rachmat Yanuar., MSi. yang disematkan Lencana Darma Bakti dan sembilan orang lainnya serta Penyematan Tanda Pramuka Garuda Tahun 2021 kepada empat orang. Minggu pagi, (28/2/2021) di Aula Wisma Permata Kuningan.

Sembilan orang lainnya Lencana Pancawarsa VII yakni, Rana, Suparman, S.Sos disematkan Lencana Darma Bhakti, Drs. Ucu Suryana, MSi. disematkan Lencana Darma Bhakti, H. Udi Maksudi, S. Pd. disematkan Lencana Pancawarsa VII, Akmadi, S. Pd.I. di sematkan Lencana Pancawarsa V, Hj. Cicih Sukadasih, M. Pd. disematkan Lencana Pancawarsa IV, Imam Wahyudin G., A.Md. disematkan Lencana Pancawarsa III, Surya, S. Pd., M.M. disematkan Lencana Pancawarsa II, Amin, S. Pd. disematkan Lencana Pancawarsa I dan Ius Sri Rustiani, S.P. disematkan Lencana Pancawarsa I.

Bupati mengatakan, Peringatan 60 tahun gerakan pramuka ini harus tetap semangat, berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap saling tolong menolong. Serta tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti.

“Sebagai Bupati Kuningan sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Kwartir cabang Gerakan Pramuka Kuningan, saya senantiasa siap memberikan dukungan baik moril maupun materil. Untuk itu saya berpesan teruslah berkarya demi ibu pertiwi tercinta, bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa,” ujarnya.

Gerakan Pramuka, kata Bupati, bukan merupakan organisasi bantuan sosial, melainkan sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa satya dan darma pramuka, pramuka tetap menunjukkan baktinya untuk membantu sesama yang membutuhkan bantuan.

“Hal ini sejalan pula dengan arahan presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam hari pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan. gerakan kedisiplinan nasional dan gerakan kepedulian nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup, sehingga saya mengajak para pramuka dimanapun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan tema hari ini "pramuka berbakti tanpa henti". Kegiatan berbakti ini dapat dilakukan di mana saja, dimulai dari lingkungan gugus depan masing-masing, lalu berbakti pula membantu keluarga dan masyarakat dalam kondisi pandemi covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya juga berharap, pramuka ini sebagai garda terdepan untuk membantu pemerintah dan masyarakat dengan bakti yang tulus.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kuningan beserta seluruh andalan cabang, para pelatih, para pembina yang terus berikhtiar demi perkembangan gerakan pramuka di Kabupaten Kuningan. Mari kita semua bertekad untuk menjadikan generasi muda Indonesia menjadi generasi yang unggul, hebat, kreatif, petarung, dan generasi yang siap mengabdi untuk Kuningan Makmur, Agamis dan Pinunjul,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., MSi. , menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat Hari Pramuka ke-60 di Kabupaten Kuningan, dengan usia tersebut, kata Wabup  seharusnya matang.

“Mudah-mudahan semakin matang dan siap untuk mempersiapkan adik-adik semua sebagai kader pramuka yang layak dan bermanfaat untuk kita, sehingga dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Drs. Ucu Suryana, MSi. menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan peringatan Hari Pramuka tahun ini yakni, untuk meningkatkan minat dan kecintaan kaum muda Indonesia kepada gerakan pramuka, memupuk rasa persaudaraan, kesukarelaan dan gotong royong, serta mengkatkanjiwa patriotik.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat memotivasi bagi kamio dalam berikthiar meningkatkan pembinaan kaum muda menuju Kuningan Makmur Agamis dan Pinunjul,” ujarnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share