PGRI Kuningan, Peringati Hari Guru Dan HUT PGRI Ke - 69

Kategori: 
PGRI Kuningan, Peringati Hari Guru Dan HUT PGRI Ke-69

Guru yang dikenal sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa merupakan salah satu indikator penting dalam Pembangunan Bangsa dan Negara. Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para guru maka setiap  tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.  Peringantan Hari Guru Nasional tingkat Kabupaten Kuningan dilaksanakan di alun-alun Desa Ciawigebang. Upacara Hari Guru tersebut diikuti oleh ratusan guru se-Kabupaten Kuningan. Tema HGN 2014, dan HUT PGRI ke-69 adalah Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru. Revolusi mental merupakan konsep peningkatan kualitas manusia untuk memajukan Republik Indonesia.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kuningan Hj.Utje Ch Suganda membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan yang memberikan apresiasi serta rasa hormat kepada para guru yang telah mengemban tugas mulia serta mengabdi dengan hati dan sepenuh hati. Guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. Pemerintah di semua level harus menempatkan guru dengan sebaik-baiknya dan menunaikan secara tuntas semua kewajibannya bagi guru. Pekerjaan rumah pemerintah, di semua level masih banyak, mulai dari masalah status kepegawaian, kesejahteraan, serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan guru harus dituntaskan.

 

Meskipun demikian, dibalik semua permasalahan yang ada, pendidikan harus tetap berjalan dengan baik. Di pundak Guru, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, ada wajah masa depan kita. Setiap hari Ibu dan Bapak Guru menemui wajah masa depan Indonesia, dan di ruang-ruang kelas itulah anak-anak bersiap bukan saja untuk menyongsong tetapi juga untuk memenangkan masa depan. Mendikbud mengatakan Hari Guru Nasional akan jadi momentum awal pendidikan sebagai sebuah gerakan. Pendidikan harus dipandang sebagai sebuah gerakan. Secara konstitusional pendidikan adalah tanggungjawab negara, namun secara moral pendidikan adalah tanggungjawab setiap orang terdidik., bukan berarti pemerintah kemudian lepas tangan, pemerintah justru harus terlibat dan mengajak sebanyak mungkin elemen masyarakat untuk terlibat dalam pendidikan.

 

Selamat meneruskan pengabdian mulia, selamat menginspirasi, dan Selamat Hari Guru, mengakhiri sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (Mey/BIDKOM DISKOMINFO)

PGRI Kuningan, Peringati Hari Guru Dan Hut PGRI Ke-69
PGRI Kuningan, Peringati Hari Guru Dan Hut PGRI Ke-69
Share