PKK Bagian Integral Pembangunan Partisipatif

Kategori: 

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa tim penggerak PKK merupakan bagian integral pembangunan partisipatif Pemerintah Kabupaten Kuningan. “PKK harus berperan aktif dengan program-program Pemerintah Kabupaten Kuningan, jangan sungkan untuk terus berkoordinasi dengan instansi pemerintah daerah dalam berbagai bidang.” Hal itu disampaikannya saat rapat konsultasi (Rakon), Rabu (03/02/2016) di Aula Ex Dipenda, ikut hadir Ketua TP PKK Kuningan, Nyonya Ika Siti Rahmatika, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Deniawan, M.Si, serta seluruh Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan dan Sekretaris PKK dari 32 kecamatan.
 

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan rakon ini harus ada isi dan manfaat yang kemudian nanti diimplementasikan di lapangan, anggota PKK harus move on mengerjakan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. “ PKK merupakan gerakan Grass Root atau yang tumbuh dari bawah, sebagai penggerak sekaligus dinamisator kaum perempuan berpartner dengan kaum laki-laki dalam upaya mengelola keluarga, organisasi, ataupun masyarakat. Harus bangga menjadi bagian dan memakai seragam PKK,” tandasnya.
 

Lebih lanjut Bupati mengingatkan aktivitas PKK tidak boleh overlapping atau tumpang tindih dengan aktivitas kaum laki-laki, tidak boleh ikut campur dengan pekerjaan laki-laki, PKK dalam aktivitasnya harus memiliki mindset bagaimana menolong orang dan memberdayakan masyarakat. “Masyarakat haus bantuan dan uluran tangan kita, jadikan organisasi PKK sebagai ladang amal bagi kita, dalam bekerja jangan berorientasi dengan uang.”
 

Bupati mengajak kepada seluruh Ketua Tim Penggerak PKK dan Sekertaris untuk menjadi agen-agen perubahan baik itu di lingkup terkecil seperti keluarga, organisasi, maupun masyarakat. “PKK organisasi yang strategis untuk mengembangkan serta memberdayakan skill individu kaum perempuan dan menunjukkan bahwa kaum perempuan mampu berbuat banyak bagi pembangunan.”
 

Sementar itu Ketua Penyelenggara, Nyonya Ika Siti Rahmatika mengatakan maksud dan tujuan kegiatan rakon ini adalah untuk menginformasikan pelaksanaan kegiatan TP PKK Kabupaten Kuningan tahun 2015, menginformasikan pokok-pokok rencana kegiatan TP PKK tahun 2016, serta menginformasikan pokok-pokok hasil rapat kerja nasional PKK ke-VIII tanggal 10 Desember di Bandung.
 

“Rakon ini akan dilaksanakan selama satu hari dengan mengangkat tema gerakan PKK siap mendukung program pemerintah dalam upaya mencapai keluarga sejahtera.” ( Sumber : Beben, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share