Polres Kuningan Tindak 3.844 Kendaraan Dalam Operasi Zebra Lodaya 2015

Kategori: 
Operasi Zebra Lodaya 2015

Dalam Operasi Zebra Lodaya 2015 yang digelar Polres Kuningan selama 14 hari (22 Oktober s/d 4 November 2015) sebanyak 3.844 kendaraan terjaring razia karena melakukan tindakan pelanggaran berlalu lintas. Operasi yang melibatkan 60 personel Lantas Polres Kuningan itu, dilaksanakan dibeberapa titik rawan kecelakaan dan pelanggaran yang berada di wilayah hukum Polres Kuningan, diantaranya Depan Toserba Fajar Jalaksana, Bandorasa, Depan SPBU Manis Kaler, Oleced, depan Terminal type A Kertawangunan, Cigadung, Kadugede, Winduhaji dan di Jalan Siliwangi Depan Gedung Sanggariang.
 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kuningan, AKP. H. Iwan Setiawan, SH melalui Kanit Turjawali Polres Kuningan, Ipda. Sutarja Pahrudin, S.Pd mengatakan, dari jumlah 3.844 pelanggaran didominasi kendaraan roda dua.
 

“ Sebanyak 3.688 dilakukan tindakan langsung (Tilang) dan 163 lainnya mendapatkan teguran tertulis. Sementara untuk barang bukti yang diamankan berupa sepeda motor sebanyak 156 unit, SIM 39 dan STNK 3.486 lembar,” kata Ipda.Sutarja, Jum’at (06/11/2015). Lebih lanjut Ipda. Sutarja mengatakan, bagi kendaraan dengan pelanggaran cukup berat seperti tidak dilengkapi surat-surat terpaksa harus menginap di Mapolres Kuningan untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut bukan hasil curian. Sedangkan untuk motor yang berknalpot bising diminta kepada pemiliknya untuk mengganti dengan knalpot biasa.
 

Sementara dominasi pelanggar yang terjaring dalam razia tersebut, jelas Ipda.Sutarja, adalah mereka yang masih di bawah umur alias berstatus pelajar.
 

" Terhadap pelanggar yang masih berstatus pelajar, motornya kami bawa dan meminta kepada orang tuanya untuk mengambil kendaraan tersebut ke Mapolres dengan membawa kelengkapan surat-suratnya. Kemudian kami juga memberikan pengarahan kepada para orang tua tersebut untuk tidak dengan mudah memberikan kendaraan kepada anaknya yang belum memiliki SIM," jelas Sutarja.
 

Dari operasi yang digelar selama 14 hari itu, kata Ipda.Sutarja, hasilnya cukup memuaskan, karena sesuai target operasi yang ditetapkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar yang bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di wilayah hukum Polres Kuningan.
 

" Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk tertib lalu lintas dengan mengenakan helm SNI, kelengkapan kendaraan berikut surat-suratnya dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Selain itu sebagai upaya pencegahan tindak kriminalitas pencurian kendaraan bermotor," pungkas Ipda.Sutarja. (Yudi/MC Kuningan).

Share