Porsenitas Resmi Dibuka

Kategori: 

Pekan Olahraga dan Pentas Seni Antar Daerah Perbatasan akhirnya resmi dibuka, bertempat di Alun-alun Kabupaten Majalengka pada hari Selasa ( 29/5). Acara yang berlangsunng meriah tersebut menampilan berbagai kesenian tradisonal dari masing-masing Kabupaten dan Kota unjuk kebolehan, bahkan drum band dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ikut menambah kemeriahan. Hadir dalam acara tersebut Assisten III Pemprov Jawa Barat, Ayi Rivai, Kepala Bakorwil Wilayah Banyumas-Pekalongan, Satiri Hidayat, Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji, Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda, Wakil Bupati Cirebon, H. Ason Sukasa dan Perwakilan Kepala Daerah Kabupaten/Kota lainnya, serta unsur Muspida Majalengka.

Wakil Bupati Majalengka mengatakan, kesiapan Kabupaten Majalengka sebagai tuan rumah POR dan Festifal Seni Antar Daerah Perbatasan merupakan wujud dukungan dan semangat untuk melaksanakan kesepakatan “Kuningan Summit”. Kami memandang, wadah tersebut sangat strategis untuk mendorong terbangunya kerjasama antar daerah Kabupaten dan Kota di kawasan perbatasan, terutama dalam upaya untuk meningkatkan kerjasama dan pengertian bersama dalam percepatan pembangunan serta mengurangi kesenjangan antar daerah dan untuk tujuan umum dari penyelenggaraan POR dan Festifal Seni Antar Daerah Perbatasan adalah untuk menjalin kerjasama diantara daerah perbatasan dalam melakukan percepatan pembangunan daerah. Sedangkan tujuan khususnya yakni pertama, sarana komunikasi dan informasi daerah perbatasan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, sarana meningkatkan kerjasama dan pengertian bersama dalam mengurangi kesenjangan antar daerah. Dan ketiga, sebagai sarana untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki derajat kebugaran jasmani yang baik, menumbuh kembangkan sikap disiplin, solidaritas, sportivitas, dalam rangka peningkatan pelayanan umum.
“ Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan ini merupakan sebuah momen untuk terciptanya hubungan yang harmonis antar daerah perbatasan yang tergabung dalam Kunci Bersama” kata Wakil Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd.
Sementara itu Bupati Kuningan sebagai penggagas kerjasama antar daerah perbatasan mengungkapkan bahwa akan ada tindak lanjut dari pertemuan Kuningan Summit pada 07 Juni 2011 dengan membentuk BKAD (Badan Kerjasama Antar Daerah).
“ BKAD ini akan menggalang kerjasama antar daerah perbatasan yang jauh dari pusat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang pendidikan dan kesehatan dan memperbaiki infrastruktur daerah perbatasan yang selama ini kurang terperhatikan dan untuk saat ini Sekretariat BKAD telah berdiri dan telah mendapat anggaran sebesar 20 Milyar untuk dibagi rata ke-8 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Kunci Bersama,” tambah H. Aang Hamid Suganda. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share